Tuesday, December 25, 2012

Minuman Sehat di Hari Natal

Reyoet: Air kelapa mengandung susunan zat yang berguna untuk tubuh seperti fruktosa, vitamin, mineral, elektrolit, enzim, asam amino, cytokine, dan fito-hormon.

Enzim bioaktif yang terkandung di dalam air kelapa antara lain acid phosphatase, catalase, dehydrogenase, diastase, peroxidase, RNA polymerases dan sebagainya. Enzim-enzim inilah yang bisa membantu pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Studi juga menyebutkan bahwa kandungan cytokinin dalam air kelapa menunjukkan manfaat signifikan dan berefek anti-aging, antikanker dan antipenyumbatan pembuluh darah.

Dari semua jenis minuman alami seperti air, teh, atau kopi, air kelapa memiliki komposisi mineral paling beragam seperti kalsium, mangan, magnesium, dan zinc. Air kelapa juga jadi sumber terbaik untuk vitamin B kompleks seperti riboflavin, niacin, thiamin, pyridoxine dan folat.

Beberapa vitamin ini memang dibutuhkan untukmembangun sel-sel tubuh yang rusak setelah beraktivit Tak cuma itu, air kelapa juga mengandung vitamin C (ascorbic acid) sekitar 2,4 mikrogram atau setara dengan 4% kebutuhan harian tubuh.  Itu pula yang menjadi penjelasan secara ilmiah air kelapa bisa turunkan panas. Anda tentu tahu bahwa tubuh panas adalah salah satu gejala flu yang bisa ditumpas dengan vitamin C!

Lalu, apa hubungan air kelapa dengan sakit perut atau gangguan pencernaan? Jawabannya adalah kandungan kalium-nya. Setiap 100 ml air kelapa ternyata mengandung 250 mg kalium dan 105mgsodium. Kalium dan sodium akan bersenyawa menjadi cairan elektrolit yang memberikan cukup hidrasi pada pasien yang menderita diare atau gangguan pencernaan. Jadi, jangan ragu untuk meneguk air kelapa, ya!

Untuk mendapatkan air kelapa terbaik, kelapa harus dipanen saat sudah mencapai umur 5 hingga 7 bulan. Setiap kelapa memiliki 200 hingga 1000 ml air di dalamnya, tergantung pada besar dan tingkat kematangan buah. Kelapa yang dipanen kurang dari 5 bulan, airnya akan terasa sedikit pahit dan nutrisinya tidak maksimal.

Sementara jika kelapa dipanen terlalu tua, kandungan airnya tak terlalu banyak karena sudah berubah menjadi daging kelapa yang biasa digunakan untuk memasak dan membuat santan cair.

No comments:

Post a Comment

KOMENTAR ANDA SANGAT KAMI HARAPKAN UNTUK PENGEMBANGAN BLOG INI, TERIMA KASIH

Followers