Reyoet, Jakarta: Stres adalah bagian utama dari
kehidupan yang tidak mungkin bisa dihindari. Kita kerap dihantui
perasaan stres saat sedang beraktivitas. Bisa karena masalah keluarga,
pacar, ataupun pekerjaan. Stres yang paling sering melanda kita pada
umumnya adalah pekerjaan.
Saat kita merasa stres saat bekerja, pekerjaan kita akan terbengkalai, atau jika tetap bekerja, pekerjaan itu tidak akan maksimal. Ketika kita berada di bawah tekanan stres, kita akan cenderung menghindari tugas berat dalam pekerjaan atau enggan untuk memberikan presentasi yang sebenarnya merupakan kewajiban. Orang stres terjebak dalam kekhawatiran dan tidak berani untuk meningkatkan produktivitas kerjanya.
Saat kita merasa stres saat bekerja, pekerjaan kita akan terbengkalai, atau jika tetap bekerja, pekerjaan itu tidak akan maksimal. Ketika kita berada di bawah tekanan stres, kita akan cenderung menghindari tugas berat dalam pekerjaan atau enggan untuk memberikan presentasi yang sebenarnya merupakan kewajiban. Orang stres terjebak dalam kekhawatiran dan tidak berani untuk meningkatkan produktivitas kerjanya.
Lalu, bagaimana cara mengatasi stres agar pekerjaan kita tetap berjalan lancar dan maksimal? Berikut lima tips yang bisa Anda lakukan seperti dilansir Work+Money, Rabu (20/6):
1. Motivasi dan Yakinkan Diri Sendiri
Anda perlu tahu bahwa tidak ada yang sempurna dalam hidup ini. Anda tidak harus selalu menjadi yang terbaik dan berharap terlalu tinggi. Yang perlu Anda lakukan adalah motivasi dan yakini diri sendiri bahwa Anda bisa melakukan apa saja yang diinginkan.
2. Introspeksi Diri
Sebagian besar orang lebih ahli dalam mengkritik orang lain dibanding dirinya sendiri. Untuk itu, Anda perlu berkaca pada diri sendiri dibanding melihat orang lain. Tapi ingat, Anda tidak boleh terbebani atas kesalahan dan kekurangan Anda, karena setiap orang pasti mempunyai kesalahan dan kekurangan. Anda cukup memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik.
3. Jadilah Realistis dan Objektif
Coba menjadi lebih realistis dan objektif atas pekerjaan Anda. Anda perlu tahu jika suatu kebenaran itu tidak hanya dari kacamata sendiri, melainkan dari pandangan bersama.
4. Lakukan yang Terbaik
Kunci untuk menghasilkan pekerjaan yang baik adalah dengan melakukan yang terbaik. Kerja keras Anda akan selalu dihargai oleh rekan dan orang-orang di sekitar Anda.
5. Pelajari Keterampilan Baru dan Terbuka terhadap Perubahan
Pada umumnya, orang selalu bertahan dan menolak atas adanya perubahan dalam pekerjaan. Ingat, sebenarnya perubahan yang bersifat positif justru dapat membantu meningkatkan gaya hidup Anda. Jadi, jangan diam dan mengeluh atas perubahan yang terjadi di kantor Anda. Coba terima dan mulai lakukan sesuatu yang baru. Sebab, ini dapat meningkatkan kepercayaan dan rasa percaya diri Anda.
No comments:
Post a Comment
KOMENTAR ANDA SANGAT KAMI HARAPKAN UNTUK PENGEMBANGAN BLOG INI, TERIMA KASIH