Monday, July 7, 2014

Cara Cegah Bibir Kering Selama Puasa

Reyoet, Jakarta: Bibir yang kering saat puasa jangan dianggap sepele. Hal ini akan memengaruhi penampilan Anda. Bibir yang kering biasanya disebabkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh.

Ada banyak cara untuk tetap membuat bibir tetap lembap tapi yang perlu diketahui adalah kulit di bibir kita tidak seperti kulit di tempat lain pada tubuh. Kulit bibir lebih tipis dan tidak memiliki kelenjar minyak. Inilah yang menyebabkan bibir bisa kasar dan pecah-pecah jika tidak dirawat. 


Untuk mengatasinya, seperti dilansir Healthmeup, Senin (7/7/2014) ada tips untuk menjaga bibir agar tetap lembap seperti berikut ini

1. Minum air yang cukup
Walaupun bulan puasa, tidak ada alasan kita untuk minum air yang cukup pada saat buka dan sahur. Minum air yang cukup setidaknya enam sampai delapan gelas sehari, tidak hanya akan menjaga kulit Anda terhidrasi dengan baik, tapi akan membuat bibir Anda lembut dan halus.

2. Hindari menjilat bibir
Kebiasaan menjilat bibir memang akan membantu mengurangi luka di bibir. Tapi hal ini hanya akan membuat bibir semakin kering.
Bibir yang kering merupakan tanda-tanda Anda kekurangan vitamin B-kompleks dan zat besi. Makanlah protein yang memiliki zat besi tinggi seperti daging, seafood, telur, dan kacang-kacangan.

3. Pilih lip balm yang tepat
Memilih lip balm yang tepat juga merupakan perawatan bibir. Dari banyak jenis lip balm, pilih bahannya yang dirancang untuk mengatasi berbagai tingkat kekeringan bibir. Lip balm dengan shea butter ataupun jojoba oil juga pilihan yang baik untuk memerangi kekeringan dan bibir pecah-pecah.

4. Oles tipis tabir surya di bibir
Bibir rentan terhadap sinar matahari karena tidak memiliki melanin. Pigmen pada bibir ini yang membantu melindungi dari matahari. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengoleskan sedikit tabir surya setiap hari Anda pada bibir Anda. Atau Anda bisa mencari lipstik dengan SPF 15.

5. Perbanyak sayur dan buah
Sayur-sayuran dan buah-buahan memiliki kadar air yang cukup tinggi. Jadi dengan mengonsumsi keduanya, ini akan membantu membuat Anda tetap terhidrasi.

Followers