Saturday, December 22, 2012

Mitos dan Fakta Seputar Kulit Kering

Reyoet: Banyak yang belum mengetahui bahwa kulit merupakan organ yang paling luas pada tubuh kita. Beratnya berkisar 2,7 - 4 kilogram dan luasnya sekitar 1,7 meter persegi.

Kulit merupakan lapisan pertahanan terdepan terhadap elemen-elemen eksternal seperti udara, angin, panas dan sinar matahari yang dapat mengakibatkan kulit kita jadi kering.  Berikut adalah mitos dan fakta seputar kulit kering serta tips untuk mengatasinya dengan cepat.

Mitos  : Dengan kita mandi  akan melembabkan kulit kita yang kering
Fakta  : Tidak tepat! Faktanya dengan mandi yang terlalu lama, akan ikut meluruhkan air yang terdapat dalam kulit kita. Temperature air mandi diatas 38 derajat Celcius akan menyebabkan pori-pori kulit melebar sehingga air didalam kulit kita akan mudah keluar.

Mitos  : Berenang menyebabkan kulit semakin kering.
Fakta  : Bukan kegiatan berenangnya yang membuat kulit kering, tapi larutan kaporit yang tercampur dalam kolam renang. Kaporit merupakan zat desinfektan atau pembunuh bakteri yang dapat menghilangkan minyak alami pada lapisan kulit, akibatnya kulit kita menjadi sangat kering setelah berenang.

Mitos  : Banyak minum membuat kulit kita lembap.
Fakta  : Air yang kita konsumsi memang  membantu secara tak langsung untuk melembapkan kulit. Namun menurut dermatologist atau ahli kulit dari Universitas Arkansas, Amerika Serikat, kulit kering yang disebabkan oleh faktor eksternal lebih dianjurkan untuk diatasi dari luar juga.

Berikut sedikit tips untuk menjaga kelembapan kulit :

1. Gunakan baju berbahan katun di siang hari agar minyak alami tidak ikut terangkat melalui keringat berlebih.

2. Batasi waktu mandi tidak lebih dari 10 menit dan gunakan air yang hangat, suhu  air jangan melebihi 38 derajat Celcius

3. Setelah berenang, segera bilas dengan air bersih agar kaporit tidak menempel di kulit kita.

4. Pilih lotion yang mengandung ekstra moisturizer seperti Natural Extra Moisturizing hand & body lotion. Kandungan alami avocado dan olive-nya memberikan kelembapan ekstra sehingga kulit terasa lembut hingga ujung kaki. Oleskan segera setelah mandi agar kelembapan terkunci pada kulit.

Followers