Saturday, May 25, 2013

Makanan`Putih` yang Kaya Nutrisi

Reyoet, New York: Sayur-sayuran yang berwarna cerah menyegarkan mata dan bagus buat kesehatan. Begitu pula dengan sayuran yang berwarna putih. Jenis sayuran ini bisa memasok nutrisi penting yang mungkin hilang.

Ini terungkap dari sebuah penelitian yang bertujuan untuk menepis dugaan kalau semua yang putih itu buruk. Tapi, meski yang putih bagus, Anda harus pintar-pintar membatasi asupan jenis makanan putih lainnya seperi tepung terigu dan gula.

Peneliti menemukan kentang dan lobak, benar-benar bagus. Jenis sayuran ini banyak nutrisinya.

"Tanaman ini mengakumulasi lebih banyak mineral dalam akar dan umbi-umbian, seperti sayur-sayuran jenis kentang dan lobak," ujar peneliti Connie M. Weaver, Ph.D., dari Purdue University seperti dikutip MensHealth, Sabtu (25/5/2013).

Memang, warna sangat penting ketika berbicara pada sayuran berwarna merah, kuning, oranye, yang mengandung karotenoid yang memproduksi senyawa yang melawan kanker. Tapi, itu tak selalu menjadi indikator yang bisa diandalkan gizinya.

"Banyak phytochemical pelawan penyakit tidak bisa dilihat," kata Weaver.

Untuk sayuran hijau dan oranye biasanya sehari direkomendasikan makan satu porsi. Namun, untuk sayuran putih belum ada rekomendasinya. Anda bisa menyiasatinya dengan menyelipkan sayuran kentang, kembang kol, lobak, bawan, jamur, jagung, dan kol dalam diet mingguan Anda.

Penelitian itu dipublikasikan dalam European Journal of Clinical Nutrition menjelaskan, kentang putih bisa membuat Anda lebih kenyang setiap sajiannya.

No comments:

Post a Comment

KOMENTAR ANDA SANGAT KAMI HARAPKAN UNTUK PENGEMBANGAN BLOG INI, TERIMA KASIH

Followers