Sunday, September 15, 2013

Wah, Peneliti Bilang Dengar Lagu Miley Cyrus Bikin Cerdas!

Reyoet, New York: Jika sebelumnya Miley Cyrus dicibir atas tingkahnya yang tak pantas ditiru anak dan remaja, kini ada pernyataan menarik dari seorang ilmuwan Inggris. Ia mengklaim bahwa mendengarkan lagu-lagu Miley Cyrus atau Justin Timberlake selama belajar memiliki efek menenangkan pikiran sehingga membantu seseorang berpikir logis.


Selain itu, psikolog Inggris juga yakin bahwa lagu-lagu pop akan menghasilkan 50 sampai 80 denyut per menit yang memungkinkan otak untuk belajar dan mengingat fakta-fakta lebih mudah.

Dr Emma Gray, yang melakukan terapi perilaku kognitif dan layanan konseling di London, mengatakan bahwa lagu pop dan lagu rock termasuk lagu Katy Perry yang berjudul Firework dapat membuat perasaan gembira sehingga seseorang akan merasa kreatif dalam belajar terutama dalam mencerna pelajaran bahasa Inggris dan Seni.

Penelitian ini sebelumnya didasari oleh penelitian yang menghubungkan antara musik klasik dengan pengaruh belajar siswa. Karena peneliti percaya, melodi dan nada dalam musik klasik seperti Beethoven Fur Elise dapat membantu siswa untuk belajar lebih lama.

Tapi dalam penelitian ini, peneliti menemukan lagu seperti 'We Can't Stop' oleh Miley Cyrus atau 'Mirrors' oleh Justin Timberlake membantu siswa untuk belajar dan mengingat fakta-fakta baru dalam pelajaran seni.

"Musik memiliki efek positif pada pikiran dan mendengarkan jenis musik yang tepat sebenarnya dapat meningkatkan belajar. Untuk mata pelajaran logis, seperti Matematika, musik harus menenangkan pikiran dan membantu konsentrasi. Sedangkan untuk mata pelajaran kreatif, musik harus mencerminkan emosi yang bisa mengekspresikan diri," ujar Emma.

Followers