Friday, December 13, 2013

Ini Dia yang Masuk Kategori Minyak Sehat

Reyoet, Jakarta: Berbicara tentang lemak pasti yang terlintas di benak adalah minyak. Benar sih, tapi sejatinya lemak merupakan suatu senyawa non polar yang umumnya kita jumpai dalam makanan sehari-hari dan biasanya berbentuk padat. Dan minyak adalah bentuk cair dari lemak itu sendiri.

Dalam ilmu gizi, pengelompokan lemak dan minyak ini termasuk dalam golongan lipida.

Lemak juga sebenarnya secara alami ada dalam tubuh kita. Seperti misalnya fosfolipida, sterol, trigliserida, dan kolesterol.

Lemak baik dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah bahkan risiko kematian akibat penyakit jantung. Tapi sayangnya yang kita sering konsumsi adalah lemak jenuh dan trans.

Hebatnya, ada beberapa jenis lemak yang ternyata baik untuk kesehatan, seperti ditulis News, Jumat (13/12/2013) berikut ini:
1. Minyak zaitun
"Minyak zaitun sudah ada sejak 4.000 tahun lalu, " kata Direktur Teknis untuk Cobram Estate yang menjadi pemenang atas penghargaan Cobram Estate Ekstra Minyak Virgin Olive, Leandro Ravetti.

Menurutnya, secara teknis minyak zaitun telah ada 2.000 tahun sebelum kelahiran Kristus karena terjadi secara alami dalam daging zaitun.

2. Ikan
Ikan mengandung minyak yang tinggi akan Omega 3, asam lemak esensial yang membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol buruk. 

Yayasan Jantung Nasional Australia merekomendasikan seseorang untuk mengonsumsi salmon, ikan makarel, beberapa varietas tuna, barramundi dan kerang.

3. Kacang-kacangan
Kacang juga merupakan sumber minyak yang kaya lemak tak jenuh, khususnya kacang pinus, hazelnut, almond, kacang mete, macadamia dan pistachio.

4. Benih
Benih yang banyak digunakan dalam berbagai minyak goreng tak jenuh, termasuk canola, bunga matahari dan wijen.

5. Alpukat
Alpukat juga mengandung lemak yang baik. Sebagian besar lemak alpukat, 60 persennya terdiri dari lemak tak jenuh. Selalu berkonsultasi dengan dokter Anda dan / atau ahli diet berlatih terakreditasi tentang kesehatan diet Anda secara keseluruhan.

Followers