Wednesday, December 25, 2013

Ini yang Bikin Pria Berselingkuh

Reyoet. New York: Pria ternyata mudah terbujuk godaan seksual wanita jika tak bisa mengendalikan diri. Inilah yang membuat pria menyelingkuhi pasangannya.

Semuanya terungkap dalam sebuah penelitian yang dilakukan Department of Psychology di Texas A&M University yang diterbitkan dalam Personality and Social Psychology Bulletin, seperti dikutip TimesOfIndia, Rabu (25/12/2013).

"Penelitian ini menunjukkan pria lebih mungkin jatuh dalam godaan seksual karena mereka cenderung memiliki dorongan seksual yang lebih kuat ketimbang wanita," kata Natasha Tidwell.

Menurut Tidwell, ini akan berbeda jika pria belajar mengendalikan diri dalam situasi yang menggodanya. Sikap pria terhadap dorongan seksual tentu akan berubah. 

Penelitian tersebut didasarkan pada dua penelitian terhadap 218 orang (70 wanita dan 148 wanita).

Para peserta penelitian ini pertama kali diminta mengingat dan menggambarkan daya tarik anggota dari lawan jenis. Kemudian para peserta menjawab pertanyaan survei untuk mengukur dorongan seksual, sebagai upaya untuk mengontrol dorongan seksual, serta perilaku yang dihasilkan.

"Ketika pria merefleksikan perilaku seksualnya di masa lalu, mereka melaporkan mengalami dorongan yang relatif kuat dan bertindak akibat dorongan yang besar itu dibanding wanita," kata Tidwell.

Namun, ini akan berbeda ketika pria bisa mengontrol diri. "Pria memiliki kontrol diri yang cukup, seperti halnya wanita," kata Paul Eastwick dari University of Texas.

"Namun, jika pria gagal mengendalikan diri, dorongan seksual mereka bisa sangat kuat. Situasi ini sering menyebabkan perselingkuhan," kata Tidwell.

Followers