Wednesday, January 15, 2014

Seperti Gatal yang Digaruk, Itulah Rasanya Jatuh Cinta

Reyoet: Jatuh cinta memang berjuta rasanya, namun tahukah Anda perasaan tersebut sama seperti dengan rasa gatal. Menurut sebuah studi di Jepang yang diterbitkan dalam Journal of Neurofisiologi menunjukan bahwa jatuh cinta terasa persis seperti menggaruk area yang gatal.

Peneliti dan Profesor Neurofisiologi di Jepang, Hideaki Mochizuki dan Ryusuke Kakigi meneliti dengan melibatkan 16 pasangan. Para peneliti menggunakan rangsangan listrik untuk menghasilkan perasaan gatal di pergelangan tangan para relawan. Kemudian mereka diberitahu agar menggaruk bagian gatal tersebut. 

Aliran darah di striatum dan otak tengah pun meningkat saat aktivitas menggaruk, membuat daerah yang gatal menjadi lebih aktif. Para peneliti mengatakan daerah otak yang bekerja tersebut dikenal sebagai sistem reward. Otak bagian tengah ini juga akan sangat aktif ketika sedang jatuh cinta, sehingga menunjukkan peningkatan aliran darah.

Para peneliti menyimpulkan bahwa menggaruk area yang terasa gatal mengaktifkan sistem reward dan menghasilkan perasaan nyaman begitu juga dengan jatuh cinta. Para peneliti juga mengingatkan stimulasi yang berlebihan pada sistem reward akan memperburuk kinerja otak. Untuk itu jangan menggaruk secara berlebihan.

"Jatuh cinta itu sama seperti rasa gatal yang digaruk, menghasilkan perasaan nyaman pada tubuh dan hati. Namun jika berlebihan maka akan merusak sistem kerja hati. Sebaiknya kalau jatuh cinta segera disampaikan," kata Kakigi dikutip Thefrisky, Rabu (15/1/2014).

Followers