Friday, June 27, 2014

Ada Ruang Spiritual di Dalam Otak Manusia

Reyoet, Washington DC: Selama ini spekulasi tentang tempat atau posisi Tuhan di dalam otak selalu diperdebatkan. Peneliti di Universitas Missouri, Amerika Serikat, berhasil menemukan area dalam otak yang bertanggung jawab untuk spiritualitas.

Profesor psikologi kesehatan di Universitas Missouri, Brick Johnstone, mengatakan, "kami telah menemukan dasar neuro-psikologis bagi spiritualitas. Lebih mengejutkan lagi, area itu tidak terisolasi pada satu daerah tertentu."



Spiritualitas adalah konsep yang jauh lebih dinamis yang menggunakan banyak bagian tertentu dari otak. Hal itu juga memainkan peran lebih signifikan. Tapi mereka semua bekerja sama untuk memfasilitasi pengalaman spiritual setiap individu.

Penelitian itu berdasarkan pengamatan Johnstone yang mempelajari sekelompok orang dengan cedera otak traumatis. Cedera itu mempengaruhi lobus parietalis kanan, bagian otak yang terletak beberapa inci di atas telinga kanan.

Peneliti neuropsikologi secara konsisten telah menunjukkan bahwa penurunan fokus di sisi kanan otak terkadang berkurang pada diri seseorang. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang dengan gangguan ini lebih spiritual dan merasa dekat dengan Tuhan.

Johnstone menambahkan sisi kanan otak dihubungkan dengan orientasi diri, sedangkan sisi kiri terkait dengan bagaimana individu berhubungan dengan orang lain.

Followers