Friday, July 4, 2014

Minum Susu Saat Sahur Boleh Saja, Asal...

Reyoet, Jakarta: Jika sebelumnya minum teh dan kopi tidak dianjurkan saat sahur, bagaimana dengan susu? Jika tidak ada keluhan sakit perut, diare atau kembung, Anda boleh saja minum susu.

Begitu dikatakan Yayasan Gema Sadar Gizi yang juga Pengurus PDGKI Dr. Tirta Prawita Sari, MSc, Sp. GK yang ditemui di kantor IDI pusat beberapa waktu lalu. Menurutnya, tidak ada masalah bagi seseorang yang tidak memiliki keluhan untuk minum susu saat puasa.


"Minum susu itu baik, tapi jangan berlebihan. Susu sapi memang untuk sapi, tapi kita bisa memanfaatkan hal baik dari sapi lainnya untuk dikonsumsi. Begitu juga saat puasa," ungkap Tirta, seperti ditulis Jumat (4/7/2014).

Tirta beranggapan, yang perlu diingat adalah kandungan laktosa pada susu yang tidak bisa dicerna semua orang. Sebagian orang mungkin mengalami defisiensi seperti kembung, sakit perut, bahkan diare. Tapi sebagian lainnya yang tidak memiliki keluhan tersebut, boleh saja minum susu.

"Tanggapi susu seperti sumber protein lain. Jika ingin diminum saat sahur, maka porsi makanan lainnya harus dikurangi. Ini dilakukan supaya protein tidak berlebihan," jelanya.

Tirta menambahkan, susu kaya akan protein, asam amino dan sumber kalsium yang baik bagi tubuh. Jika Anda tidak menyukainya, Anda boleh makan sumber lainnya seperti telur, ikan teri atau keju.

Followers