Saturday, July 5, 2014

Puasa Turunkan Kadar Kolesterol dan Radikal Bebas

Reyoet, Jakarta: Puasa di Bulan Ramadan bukan hanya kewajiban bagi seluruh umat Islam. Dengan berpuasa, lemak bisa terkontrol. Untuk membuktikan manfaat kesehatan, para dokter melakukan penelitian terhadap 40 orang usia lanjut dan 40 orang dewasa berusia muda.

Dan hasilnya, orang-orang berusia lanjut mengalami penurunan kadar trigliserida dari 145,8 mg/dl menjadi 130,87 mg/dl. "Untuk usia lanjut, berpuasa dapat menurunkan kadar trigliserida dari 145,8 mg/dl menjadi 130,87 mg/dl," ujar Konsultan Geriatri, Dr. Eddy Rizal Wahyudi, SpPD, K-Ger, FINASIM.

Tidak hanya bermanfaat untuk usia lanjut, ini juga berpengaruh kepada orang dewasa berusia muda. Berpuasa dapat menurunkan kadar kolesterol total pada orang dewasa usia muda yaitu 189 mg/dl menjadi 179,85 mg/dl. "Berpuasa manfaatnya untuk yang tua dan muda, untuk anak muda dapat menurunkan kadar kolesterol," jelasnya.

Selain itu, penelitian lain dilakukan bertujuan mengevaluasi pengaruh asupan kalori terhadap status radikal bebas. Kadar radikal bebas menurun secara bermakna pada hari ketujuh dan 17 selama puasa Ramadan. Kemudian meningkat kembali pada hari ke-14 setelah puasa.

"Kadar radikal bebas menurun dan kemudian meningkat kembali namun tetap lebih rendah dibandingkann sebelum puasa," katanya.

Followers