Tuesday, November 13, 2012

Kopi Plus Rokok Bikin Orang Makin Kecanduan

Reyoet: Jakarta: Merokok sambil mengopi biasanya kerap dilakukan perokok aktif. Padahal kopi dan nikotin menimbulkan kencaduan. Bukannya semakin baik, menambah kopi saat merokok membuat orang semakin kecanduan.

Hakim Sorimuda Pohan SpOG mengatakan di ilmu kedokteran ada enam kelas kecanduan. Kopi merupakan kelas teringan dan nikotin kelas terberat.

"Itu tidak benar. Kombinasi adiksi makin memperberat adiksi (ketagihan). Apalagi kalau minum kopi, alkohol, dam merokok," ujar Hakim di sela-sela Konferensi Pers Aliansi Masyarakat Korban Rokok Indonesia, di Kantor Kantor Sekretariat Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Selasa (13/11/2012).

Dokter kandungan yang juga aktif di Komisi Nasional Pengendalian Tembakau mengungkapkan enam kelas itu.
  1. Kecanduan kopi
  2. Kecanduan ganja
  3. Kecanduan alkohol
  4. Kecanduan heroin
  5. Kecanduan morfin
  6. Kecanduan nikotin.
"Paling tinggi tingkatnya kelas keenam, dan paling ringan kecanduan kelas pertama yakni kopi," ujar ayah dari lima anak itu.

Menurutnya, banyak orang yang tidak tahu bahwa kecanduan nikotin yang paling tinggi derajatnya dan paling berat pengaruhnya dibandingkan morfin, heroin, alkohol, dan ganja. Jika dikombinasikan dengan yang lainnya pengaruhnya akan semakin berat.

"Untuk kecanduan nikotin kelihatannya enteng, padahal sulit berhenti dari kecanduan nikotin," ujarnya.

No comments:

Post a Comment

KOMENTAR ANDA SANGAT KAMI HARAPKAN UNTUK PENGEMBANGAN BLOG INI, TERIMA KASIH

Followers