Wednesday, December 19, 2012

Senyawa dalam Brokoli Bisa Lawan Leukimia

Reyoet, Jakarta: Sulforaphane, merupakan senyawa yang ada dalam brokoli. Senyawa ini sangat penting karena banyak memberikan manfaat bagi kesehatan. Senyawa ini dapat membantu memulihkan keseimbangan dan mencegah perkembangan kanker.

Seperti dilansir dari Huffingtonpost, Rabu (19/12/12), baru-baru ini Jurnal PLoS ONE menemukan kalau inkubasi senyawa sulforaphane bisa membunuh sel-sel leukimia lymphoblastic. Leukimia lymphoblastic ini bisanya menyerang anak-anak yang kemungkinan sembuhnya 80%. Jenis leukimia ini menyebabkan kerusakan pada sumsum tulang belakang dan bisa menyebabkan kematian

Menurut Dr. Daniel Lacorazza, seorang asisten profesor patologi dan imunologi di Baylor, Meskipun sulforaphane ditemukan pada sayuran khususnya brokoli. Penting dicatat kalau dalam penelitian kami masih menggunakan bentuk konsentrasi senyawa, jadi konsumsi sayuran memang baik bagi kesehatan namun belum diteliti lebih jauh apakah efeknya masih sama ketika Anda makan brokoli langsung seperti yang kita temukan di laboratorium", katanya.

Sulforaphane selain melimpah di dalam brokoli, tapi juga ada pada sayuran lain seperti kembang kol dan kangkung.

Sebelumnya memang dilakukan penelitian pada sejumlah sayuran yang memiliki kandungan sulforaphane yang bisa melawan kanker. Dalam jurnal Clinical Cancer research, seorang peneliti mengemukakan kenapa sulsoraphane memiliki sifat anti kanker, dan setelah diteliti, dari Linus Pauling Institute mengatakan kalau Sulforaphane mungkin bekerja melalui epigenetika, Epigenetika adalah ilmu yang mempelajari perubahan dalam ekspresi genetik yang tidak disebabkan oleh perubahan sekuens DNA. melalui epigenetika ini pola makan dan apa yang kita makan dapat mempengaruhi gen,"Jelasnya.

Followers