Monday, May 27, 2013

Coba Tes Apakah Gigi Anda Sensitif, Sederhana Saja Kok!

Reyoet, Jakarta: Sebagian besar masyarakat mungkin tidak pernah menyadari menderita gigi sensitif. Sebenarnya, kita dapat mendeteksi apakah gigi sensitif atau tidak dengan cara cukup sederhana. 
Menurut dokter gigi drg. Ariandes Veddytaro, dengan segelas air yang diisi es batu, kita akan mengetahui gigi yang kita miliki sensitif atau tidak.

"Coba air itu dikumur-kumurkan, lalu ditahan beberapa detik. Kalau terasa ngilu yang tajam dan sesaat, tandanya gigi sensitif," kata GSK Dental Detailing Manager ini saat diwawancarai Liputan6.com , dalam acara 'Sensodyne Just Say It', yang ditulis kembali Senin (27/5/2013)
"Cara ini disebut dengan Chill Test," tambahnya.
Menurut Ariandes, gigi sensitif atau hipersensitivitas dentin merupakan sensasi yang dirasakan ketika saraf di dalam dentin gigi terkspos lingkungan. "Biasanya mulai dari iritasi hingga rasa ngilu yang menusuk," jelasnya.
Ariandes memaparkan, menurut sebuah survei yang dilakukan Ipsos Indonesia pada tahun 2011, sebanyak 45 persen mengalami gigi sensitif. Namun, yang lebih parah adalah, sebanyak 52 persen orang tidak menyadari dirinya menderita gigi sensitif tanpa memeriksakannya ke dokter gigi. 
Kalau sudah tahu seperti ini, tambah Ariandes, orang akan menyalahkan makanan atau minuman yang dikonsumsinya. Padahal, itu salah satu akibat karena tidak pernah menyadari giginya sensitif.
"Kebanyakan orang malah menghindari makanannya kalau sudah sensitif. Kan sayang," tandasnya.

No comments:

Post a Comment

KOMENTAR ANDA SANGAT KAMI HARAPKAN UNTUK PENGEMBANGAN BLOG INI, TERIMA KASIH

Followers