Saturday, August 24, 2013

Rambut Anda Mulai Menipis? Coba Perbaiki dengan Nutrisi Ini!

Reyoet: Tidak ingin rambut menipis di usia muda, perhatikan asupan nutrisi rambut sejak dini. Menurut dokter ahli retorasi rambut sekaligus pendiri Bauman Medical Group, Florida Amerika Serikat dr. Alan Bauman, 20 persen pria mulai kehilangan rambut mereka.

Jangan hanya nutrisi untuk tubuh yang dipenuhi, namun untuk rambut juga perlu diperhatikan. Siapa yang tidak ingin rambut subur dan sehat, masalah rambut rontok tidak hanya dialami wanita bahkan pria juga.


Rambut menjadi salah satu penunjang penampilan untuk sebagian orang tidak hanya wanita namun pria juga.

"Seperti bagian lain dari tubuh atau komponen kesehatan, rambut membutuhkan berbagai nutrisi untuk tumbuh dan menjadi sehat," kata ahli gizi dan penulis The One One One Diet, Rania Batayneh.
Menurut Rania nutrisi masuk ke jaringan otot dan organ dan kemudian menuju rambut untuk mendapatkan cukup baik nutrisi agar rambut sehat.

Berikut, nutrisi yang dibutuhkan agar rambut tubuh subur dan sehat dikutip Foxnews, Sabtu (24/8/2013), yaitu:

1. Omega-3 Asam Lemak
Selain baik untuk otak, omega 3 asam lemak menutrisi batang rambut dan membran sel di kulit kepala untuk pertumbuhan rambut sehat.
Selain itu juga berfungsi menambahkan elastisitas rambut dan mencegah kerontokan.
Asupan ini terdapat dalam makanan biji rami, walnut, salmon, tuna, kale, kubis Brussel dan minyak lobak.

2. Seng
Meningkatkan pertumbuhan dan perbaikan jaringan dan membantu menjaga kulit kepala serta rambut tetap sehat.
Hal ini juga mengatur hormon termasuk testosteron dalam tubuh dan membantu menjaga produksi kelenjar minyak yang mensekresi pada kulit kepala yang membantu penumbuhan rambut.
Menurut Kantor Dietary Suplemen seseorang membutuhkan 11 mg dalam sehari.
Makanan yang direkomendasikan yaitu Chickpeas, bibit gandum, tiram, daging sapi, hati sapi dan daging sapi panggang.

3. Protein
Protein murni membuat rambut menjadi cukup banyak. Kekurangan protein juga membuat warna rambut berubah menjadi abu-abu.
Makanan yang disarankan yaitu Yunani yoghurt, telur kuning, kangkung, kacang tanah, kacang, kacang polong, tahu, ayam dan kalkun.

4. Besi
Banyak dokter melihat adanya korelasi antara pengobatan untuk anemia kekurangan zat besi dan peningkatan pertumbuhan rambut.
Sayuran hijau, biji-bijian, kacang-kacangan, daging merah, kalkun, kuning telur dan kerang yang disarankan untuk dikonsumsi.

5. Vitamin A dan C
Kedua vitamin berkontribusi pada produksi sebum dan substansi berminyak pada rambut. Vitamin C meningkatkan jumlah darah dan meningkatkan zat besi yang dapat dimanfaatkan tubuh.
Sementara beberapa vitamin A yang baik untuk kulit kepala membutuhkan lebih dari 15.000 per hari. Untuk menjaga hal ini dapat mengonsumsi bayam, brokoli, ubi jalar dan labu.

6. Magnesium
Menurut National Institute of Health, magnesium adalah mineral yang diperlukan untuk lebih dari 300 reaksi biokimia pertumbuhan rambut.
Penelitian dari Medical University of South Carolina menunjukkan bahwa 68 persen orang dewasa Amerika Serikat tidak mendapatkan cukup nutrisi penting dan berisiko peningkatan peradangan dalam tubuh selain itu membuat rambut mudah rontok.
Almond, bayam, kacang mete, kacang, beras merah, halibut dapat menjadi asupan nutrisi agar rambut tidak mudah rontok .

7. Selenium
Unsur ini membantu tubuh membuat selenoproteins, yang mengatur reproduksi, metabolisme, sintesis DNA dan kekebalan.
Selenium juga merangsang folikel rambut untuk mendorong pertumbuhan baru. Kacang brazil, tuna, halibut, sarden udang dan ham dapat membantu menjaga kesuburan dan pertumbuhan rambut baru.

Followers