Wednesday, September 18, 2013

Jangan Simpan Minuman Kemasan Lebih dari 3 Hari!

Reyoet, Jakarta: Meskipun semua minuman dalam kemasan terjamin strerilisasinya, tapi sebaiknya jika minuman kemasan sudah dibuka, habiskan dalam 3-4 hari.
Begitu disampaikan oleh Communication Manager Tetra Pak Indonesia, Elvira P. 


Wongsosudiro. Menurutnya, salah satu cara yang baik untuk menangani minuman kemasan adalah menyimpannya dalam kulkas dalam suhu 4 derajat celcius dan setelah dibuka, umur simpannya sekitar 3-4 hari.

"Sebelum kemasan dibuka, produk bisa disimpan di suhu ruang. Jika sudah dibuka, kemasan sekali minum sebaiknya langsung dihabiskan. Selain itu, pilih kemasan dalam kondisi baik dan tidak penyok, dan selalu perhatikan expiry date dalam kemasan," ungkapnya dalam acara `Kampanye Susu Cair UHT` di Ecopark, Ancol, Jakarta, Rabu (18/9/2013).

Sementara itu, pakar peneliti pangan dari Fakultas Teknologi Pertanian Bogor sekaligus Direktur SEAFAST (Southeast Asian Food and Agriculture Science and Technology) center, Prof. Purwiyatno Hariyadi, Ph.D, menyampaikan bahwa masa penyimpanan tak lebih dari tiga hari itu ada alasannya.

"Setelah susu dibuka, susu akan kehilangan sterilitasnya sehingga kualitas susu mudah rusak. Segera konsumsi, dan kalau tersisa, simpan dalam lemari es maksimum 3-4 hari," jelas Purwiyanto.

Jika disimpan terlalu lama, Purwiyatno menjelaskan bahwa akan ada mikroba berbahaya yang masuk melalui udara ke dalam kemasan.

Followers