Tuesday, November 12, 2013

Istri Lebih Tua Lebih Memuaskan

Reyoet, California: Banyak pria memililki pandangan berbeda dalam memilih pendamping hidup. Ada yang lebih senang memilih wanita berpostur gemuk, kurus, dan sebagainya. Namun tak sedikit ada yang memilih istri dengan usia terpaut jauh. Alasannya, agar lebih dewasa dalam menjalani hidup bersama di masa mendatang.

Pandangan tersebut sah-sah saja tentunya. Namun ternyata ada temuan terbaru terkait hal ini. Peneliti menemukan istri yang usianya lebih tua dari suaminya, akan lebih puas secara seksual, Selasa (12/11).


Peneliti dari University of California, San Diego School of Medicine dan Veterans Affairs San Diego Healthcare System mengevaluasi aktivitas seksual dan kepuasan 806 perempuan tua dari Rancho Bernardo Studi (RBS) Kohort, yaitu komunitas wanita yang berada di dekat San Diego dan kerap dijadikan penelitian medis selama 40 tahun.

Dalam studi ini peneliti mengukur rata-rata kegiatan seksual mereka dengan memperhatikan karakteristik aktivitas seksualnya, termasuk demografi, kesehatan, dan penggunaan hormon. Selain itu diteliti tentang ukuran frekuensi gairah, lubrikasi, orgasme nyeri selama hubungan seksual, dan hasrat seksual serta kepuasan wanita yang 63 persennya telah beranjak monopause. Rata-rata usia peserta penelitian berumur 67 tahun yang setengahnya memiliki pasangan aktif secara seksual dalam empat minggu terakhir.

Mayoritas orang beranggapan aktivitas seksual akan berkurang seiring bertambahnya usia. Namun ternyata anggapan itu dipatahkan dengan hasil penelitian ini. Sebanyak 67,1 persen wanita berumur lanjut selalu merasakan orgasme di kegiatan seksualnya. Sedangkan 40 persen wanita mengaku tidak pernah merasakan nikmatnya mencapai puncak asmara, dan sepertiga wanita aktif secara seksual dilaporkan memiliki hasrat seksual yang rendah.

"Meski adanya hubungan antara keinginan seksual dan fungsi seksual, hanya 1 dari 5 wanita aktif seksual melaporkan hasrat seksualnya tinggi," kata pemimpin peneliti, Profesor Elizabeth Barrett-Connor, MD, Kepala Divisi Epidemiologi, Departemen Keluarga dan Kedokteran Pencegahan , University of California, San Diego School of Medicine, Amerika Serikat.

"Sekitar setengah dari wanita berusia 80 tahun dilaporkan lebih bergairah. Pelumasan dan orgasme sering mereka dicapai, namun jarang dilaporkan hasrat seksualnya menurun," ujarnya di laman Timesofindia.com, Senin (11/11).

Tidak hanya perempuan tertua yang merasa paling puas dalam penelitian ini, wanita pasif secara seksual juga memiliki tingkat kepuasan orgasme yang mirip dialami peserta termuda. "Dalam studi ini, aktivitas seksual tidak selalu berakhir pada kepuasan seksual. Mereka yang pasif secara seksual akan mencapai kepuasan seksual melalui sentuhan, belaian, atau kedekatan lainnya yang dikembangkan dalam sebuah ikatan kasih, " kata penulis Susan Trompeter.

"Kedekatan emosional dan fisik pasangan mungkin lebih penting dibanding orgasme. Sebuah pendekatan hati membuahkan kesehatan lebih baik dibanding kesehatan seksual bagi wanita yang hanya fokus pada kepuasan ranjang semata," tambah Trompeter.

Followers