Saturday, November 16, 2013

Minum Teh Celup yang Tepat Ya Begini!

Reyoet, Jakarta: Ada satu kebiasaan orang Indonesia yang menarik ketika minum teh celup. Setelah menyiapkan air panas, teh terus menerus dimasukkan ke air tersebut hingga warnanya berubah kecokelatan.

Itu baru salah satu kebiasaan yang dinilai dapat merusak esensi minum teh yang sebenarnya. Lalu kemudian bagaimana cara minum teh yang benar?

Menurut pendiri komunitas pecinta teh, Ratna Soemantri, dalam menyeduh teh ada beberapa cara agar kita dapat merasakan aroma, rasa dan keunggulan teh, seperti tidak memaksakan teh berubah warna sebelum waktunya.

"Kebiasaan orang kita kan minum teh celup asal dimasukkan dan dikeluarkan di air panas jadinya cepat berubah warna. Padahal kalau mau mendapatkan sensasinya, cukup didiamkan saja di air yang hangat dan bukan air panas," kata Ratna yang ditemui di acara pengenalan teh dari dalam dan luar negeri di Moe's Place, Kemang, Jakarta dan ditulis Sabtu (16/11/2013).

Tapi ada satu hal penting lagi selain itu. Ratna mengatakan untuk tidak membiarkan teh terus-terusan terkena air.

"Bila Anda rasa cukup warna dan aromanya, segera angkat teh tersebut. Karena selain akan membuat teh semakin pekat dan pahit, antioksidan dalam teh juga akan berubah. Antioksidan itu cepat sekali hilang. Itu sebabnya orang Cina atau Jepang minum teh tapi pada langsing karena mereka minum teh dan cara menyeduhya benar," jelasnya.

Followers