Wednesday, November 13, 2013

Pemain Alat Musik Tiup, Waspadai Penyakit Akibat Bakteri

Reyoet: Anda, para pemain alat musik tiup khususnya klarinet dan saksofon jangan malas membersihkan instrumen! Jika instrumen tersebut tidak dibersihkan akan berisiko menderita alergi paru-paru.

Studi yang dipresentasikan American College of Allergy Asthma and Immunology menunjukkan saat pemain alat musik tiup malas membersihkan berisiko Saxophone Lung.

Menurut Mayo Clinic, penyakit ini termasuk ke dalam jenis pneumonitis hipersensitivitas yang merupakan peradangan pada jaringan paru-paru, seperti dikutip dari Huffingtonpost, Rabu (13/11/2013).

Ini pernah diderita seorang pria yang memeriksakan kesehatannya di Emory University Adult Asthma, Allergy and Immunology Clinic. Pria tersebut tidak membersihkan secara rutin klarinet lebih dari 30 tahun.

Awalnya pria yang tidak disebutkan namanya ini didiagnosis bronchopulmonary aspergillosis alergi (ABPA). Namun ternyata ditemukan ada infeksi akibat jamur exophiala yang ada instrumen miliknya.

Pria itu kemudian diberikan steroid oral, namun kondisinya tidak membaik. "Pasien ini menderita Saxophone Lung awalnya didiagnosis ABPA. Namun ternyata pria ini tidak pernah membersihkan klarinetnya lebih dari 30 tahun, dan itu yang menyebabkan dia sakit," kata para peneliti tersebut.

Penyakit ini ditandai dengan gejala batuk yang terus menerus. Studi Kedokteran Gigi Umum tahun 2011 menunjukkan intrumen tiup jika tidak dibersihkan akan muncul berbagai bakteri, ragi dan jamur.

Dan menurut peneliti studi tersebut, R. Thomas Glass, DDS, PhD anak-anak yang berpartisipasi dalam band sekolah perlu berhati-hati.

"Banyak anak-anak berpartisipasi dalam band ansambel sekolah dan instrumen mereka adalah pinjaman. Tanpa sanitasi yang layak, bakteri dan jamur dapat berkembang selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Ini hati-hati ada bakteri dan jamur," kata R. Thomas Glass.

Followers