Friday, November 29, 2013

Sinar Matahari dan Ikan Jauhi Orang dari Ancaman Stroke

Reyoet, Jakarta: Saat ini makin banyak orang yang terkena stroke di usia muda. Tapi ada cara mudah mengurangi risiko stroke yaitu keluar rumah untuk dapatkan sinar matahari dan konsumsi makanan kaya vitamin D seperti ikan.

Ilmuwan dari Amerika menemukan orang yang kekurangan vitamin D yang secara alami diproduksi oleh kulit saat terkena sinar matahari dan dari makanan termasuk kacang-kacangan serta minyak ikan bisa meningkatkan risiko stroke hingga lebih dari seperlimanya.

Hasil studi seperempat orang dengan kadar vitamin D terendah memiliki risiko 22 persen lebih tinggi terkena stroke dibanding yang kadar vitamin D nya tinggi. Hal ini menunjukkan kadar vitamin D yang cukup seperti dari sinar matahari pagi dan ikan bisa mengurangi kemungkinan kena stroke.

Kadar vitamin D yang rendah meningkatkan kemungkinan seseorang terkena jenis stroke yang umum yaitu ischaemic stroke yang mana terjadi pembekuan sehingga menyumbat pembuluh darah di otak.

Namun tidak hanya jenis stroke tersebut, karena kadar rendah juga bisa memicu terjadinya haemorrhagic stroke yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di otak.

"Hasil penelitian kami menegaskan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya vitamin D akan bermanfaat untuk pencegahan stroke," ujar Dr Gotaro Kojima, salah seorang peneliti, seperti dikutip dari Telegraph, Jumat (29/11/2013).

Dr Kojima menuturkan mendapatkan vitamin D yang cukup dari makanan atau suplemen bisa menjadi hal yang penting bagi orang tua karena sintesis vitamin D dari sinar matahari jadi hal yang lebih sulit saat usia tersebut.

Hasil ini berdasarkan kesimpulan dari studi selama 34 tahun yang melibatkan 7.500 orang paruh baya serta lanjut usia Jepang-Amerika yang tinggal di suatu tempat. Peneliti mengukur kadar vitamin D yang didapatkan partisipan baik dari makanan atau sinar matahari.

Dr Kojima dalam jurnal Stroke dari American Heart Association menyarankan seseorang sebaiknya mendapatkan sinar matahari yang cukup serta konsumsi vitamin D dari kacang-kacangan dan ikan.

No comments:

Post a Comment

KOMENTAR ANDA SANGAT KAMI HARAPKAN UNTUK PENGEMBANGAN BLOG INI, TERIMA KASIH

Followers