Friday, December 13, 2013

Bisa Jadi Inilah Alasannya Kenapa Seseorang Gemar `Daun Muda`

Reyoet, Jakarta: Beberapa pekan lalu ramai diberitakan kasus yang melibatkan pria berusia 48 tahun berinisial SS dan mahasiswi berusia 22 tahun berinisial RW.

Mungkin itu adalah satu dari beberapa kasus pria usia tua yang memiliki hubungan spesial dengan `daun muda` atau pasangan yang berusia jauh lebih muda. Menurut Psikolog, Adelina Syarif, SE, Mpsi terkadang pria atau wanita yang lebih tua menyukai daun muda karena pernah kehilangan anak.

"Secara umum itu masuk ke dalam perilaku menyimpang. Kebanyakan yang terjadi itu karena mereka merasa kehilangan sosok anak atau adik," kata Adel saat dihubungi, Jumat (13/12/2013).

Rasa rindu yang tersimpan dalam dan tidak terungkapkan terhadap anak atau adik, menurut Adel memicu seseorang melakukan hal itu.

"Suka atau sayang dengan orang yang lebih muda, karena mereka merasa ada kerinduan yang tertahan dan itu bisa diekspresikan dengan rasa sayang kepada orang yang usianya lebih muda," kata Adel.

Perilaku ini dapat diubah sebenarnya asal latar belakang masalahnya dapat diatasi. "Wajar atau tidaknya tergantung hubungan spesialnya seperti apa. Kalau sudah sampai menghamili atau selingkuh dengan usia muda ya itu gak wajar. Bisa diubah asal ada keinginan kuat dan tidak ada lagi rasa yang tertahan," kata Adel menjelaskan.

Ketika seseorang merasa kehilangan sosok anak atau adik itu belum terbayarkan, perilaku tersebut akan terus berlanjut. 

"Untuk menghindarinya, ekpresikan perasaan itu langsung supaya orang yang disayang tahu. Jangan dipendam terlalu lama karena dikhawatirkan menjadi pemicu melakukan perilaku menyimpang atau hal yang tidak diinginkan," saran Adel.

Followers