Friday, December 13, 2013

Waspada, Suami Pun Bisa Menopause Sehingga Malas Bercinta!

Reyoet: Penurunan libido tidak hanya dialami oleh wanita saja. Pria pun bisa saja mengalami penurunan libido atau disebut andropause.

Apabila seorang wanita akan mengalami menopause, yaitu turunnya kadar estrogen yang menyebabkan seorang wanita tidak subur lagi, maka pada pria juga terjadi hal yang serupa. Penurunan libido tersebut dapat disebut andropause.



Menurut dr. Vanda Mustika, konsultan seks wolipop, andropause adalah turunnya kadar androgen yang menyebabkan seorang pria mengalami penurunan kesuburan seiring dengan berjalannya waktu. Pada pria yang usianya diatas 50 tahun akan mengalami penurunan volume testis yaitu, penurunan kadar testosteron yang juga menyebabkan penurunan jumlah sperma.

Namun, andropause tidak sepenuhnya sama dengan menopause. Ketika menopause, sel telur tidak akan diproduksi lagi. Berbeda dengan andropause, sperma masih tetap akan diproduksi, hanya saja kualitas dan kuantitasnya mengalami penurunan.

Dr. Michael A. Werner, seorang ahli urologi memaparkan dalam situsnya apa saja gejala dari andropause ini:

1. Kehilangan gairah seksual dan kemampuan untuk ereksi.
2. Pria yang mengalami andropause juga akan mudah lelah, kemampuan intelektual menurun, depresi dan marah.
3. Indeks massa tubuhnya menurun. Massa dan kekuatan otot pria tersebut juga menurun.
4. Rambut di tubuh mengalami kerontokan.
5. Osteoporosis, sehingga mudah patah tulangnya.
6. Jumlah lemak di organ dalam bertambah.

Dokter Vanda Mustika menyarankan, jika Anda masih menginginkan keturunan di usia pertengahan, tidak ada salahnya untuk meminta suami memeriksakan kualitas dan kuantitas spermanya. Jangan lupa untuk menanyakan kesiapan suami terlebih dahulu sebelum melakukan pemeriksaan ini.

Pemeriksaan ini dapat dilakukan di laboratorium klinik setempat atau dokter andrologi. Bila ternyata hasilnya terdapat penurunan kualitas dan kuantitas sperma, jangan khawatir, ada beberapa jenis obat-obatan dan suplemen dari dokter andrologi yang dapat membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma sang suami.

Followers