Saturday, December 7, 2013

Fakta Menarik Tentang Mimpi

Reyoet, London: Mimpi merupakan fantasi di bawah sadar kita. Ada juga yang mengatakan mimpi membantu kita menyimpan kenangan atau menjaga pikiran tetap aktif. Tapi adakah yang tahu fungsi mimpi sebenarnya?

Situs HuffingtonPost, sabtu (7/12/2013) mengungkap lima fakta menarik tentang mimpi:

1. Mimpi bukan apa-apa
Sebagian besar mimpi kita menyeramkan. Menurut penelitian 2008, mimpi merupakan pengalaman negatif.

"Mimpi `default` pada dasarnya mimpi buruk," kata Dr Ross Levin , seorang psikolog dan spesialis gangguan tidur di Yeshiva University di New York City, kepada Reuters.

Beberapa peneliti berpendapat kita lebih sering memimpikan situasi yang menakutkan dibanding yang positif sehingga kita bisa bersiap-siap bertahan ketika terancam dama kehidupan nyata.

2. Mimpi buruk tanda peringatan
Hanya karena Anda bermimpi buruk bukan berarti ada yang salah dengan Anda. Tapi, penelitian terbaru menunjukkan bahwa mimpi buruk terkadang dikaitkan dengan kondisi jantung dan migrain.
Menurut Neurologis dari Boston University Medical School, setiap infeksi bisa memperlambat tidur kita.

3. Wanita juga mimpi seks
Bukan berarti hanya pria yang bisa memiliki kesenangan. Menurut penelitian universitas pada 1986, sekitar 37 persne wanita dilaporkan mimpi orgasme. Selama ini pria yang mencapai klimaks ketika bermimpi. Padahal, wanita juga.

4. Mimpi melumpuhkan sementara
Selama tidur, gerakan mata rapid eye movement (REM) menjadi lumpuh, yang mencegah tubuh tidur berjalan. Dua sistem kimia otak bekerja sama melumpuhkan otot rangka.

5. Anda lebih banyak melihat dibanding mendengar
Paling sering mimpi itu bisu. Kita bisa melihat gambar bergerak tapi tanpa suara.

Followers