Sunday, December 22, 2013

Makan Apel Sehari Kurangi Risiko Serangan Jantung

Reyoet, London: Dalam sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal BMJ (British Medical Journal), peneliti dari University of Oxford di Inggris menemukan bahwa makan satu apel setiap hari dapat mencegah serangan jantung dan kematian akibat stroke setiap tahun.

Seperti ditulis Everydayhealth, Minggu (22/12/2013) para peneliti menciptakan model matematika untuk menguji manfaat konsumsi apel setiap hari. Uji coba dilakukan terhadap 17,6 juta orang di Inggris.

Menurut penulis studi, Adam Briggs, MSc, apel mengandung senyawa sejenis statin yang mampu menurunkan kolesterol seperti:

- Pektin, yang dapat menurunkan tekanan dan gula darah
- Quercetin, terbukti mencegah peradangan dan asma yang juga telah dikaitkan dengan pencegahan kanker
- Fitokimia, senyawa yang telah dikaitkan dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker
Tak hanya itu, menurut kepala Heart Failure Services di North Shore-LIJ's Franklin Hospital, Long Island, New York makan satu apel setiap hari juga tidak memiliki efek samping seperti statin. 

"Jika seseorang datang kepada saya dengan keluhan memiliki kolesterol tinggi, saya akan mencoba memberitahu mereka untuk makan satu apel sehari. Tapi jika orang itu memiliki sejumlah faktor risiko lain seperti merokok atau riwayat keluarga penyakit jantung, mungkin saya tetap menyarankan statin. Tapi alangkah baiknya bila konsumsi obat tetap dilakukan sembari makan satu apel sehari," katanya.

Followers