Monday, December 30, 2013

Makanan Lezat dan Sehat yang Bisa Disantap Saat Liburan

Reyoet, New Delhi: Natal dan Tahun Baru identik dengan camilan manis seperti kue-kue yang tinggi kalori. Melihat hal tersebut kekhawatiran naiknya berat badan saat liburan terkadang muncul. Tapi tenang, seperti dikutip dari Healthmeup, Senin (30/12/2013) liburan Natal dan Tahun Baru tetap bisa menyenangkan dengan makanan lezat tanpa membuat jarum timbangan bergerak ke angka yang lebih besar dengan makanan di bawah ini.

Berikut ini bahan makanan yang dapat digunakan saat liburan sehat dan lezat, yaitu :

1. Ubi atau Kentang
Keduanya ini mengandung vitamin A, kalium, B6 dan serat makanan. Membuat makanan lezat dan sehat. Anda bisa memanggang atau merebusnya, atau bisa juga dibuat sebagai bahan utama membuat kue. Namun, saat membuatnya perhatikan kandungan gula dan menteganya, jangan terlalu melebihi porsi.

2. Kalkun
Unggas ini memiliki kandungan asam float, vitamin B, seng dan kalium. Untuk penderita kolesterol dapat memilih kalkun sebagai hidangan di Natal dan Tahun Baru. Selain mengandung kolesterol yang rendah, kalkun juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari kanker. Hidangkan kalkun tanpa kulit agar kalorinya tetap terjaga.

3. Buah Delima
Buah ini mengandung antioksidan yang tinggi. Delima dapat dimanfaatkan sebagai minuman menyegarkan dan ditambahkan di salad Anda untuk mendapatkan nutrisi penting dan juga mineral. Memulai liburan dengan mengonsumsi jus delima meningkatkan mood dan kesehatan Anda.

4. Labu
Buah yang biasa digunakan saat Halloween ini kaya akan serat dan beta karoten. Labu memiliki kadar air yang cukup atau lembab sehingga tidak perlu dicampurkan bahan yang tidak sehat lainnya. Pie labu bisa dipilih sebagai hidangan lezat yang menyehatkan di musim libur Natal dan Tahun Baru.

5. Roti Gandum
Kandungan serat di roti gandum lebih tinggi dibandingkan roti putih. Serat ini dapat membantu saluran pencernaan dan mengurangi risiko penyakit jantung. Jangan ragu untuk menikmatinya saat liburan, ayo mulai sadar kesehatan dari sekarang.

Followers