Tuesday, December 10, 2013

Makanan Sehat yang Sering Dipalsukan

Reyoet, Jakarta: Banyak makanan sehat dalam kemasan yang Anda makan setiap hari yang dipalsukan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Alasannya adalah untuk mengurangi biaya produksi dengan memotong bahan utama dan menambahkan bahan lain yang lebih murah. Temuan ini berdasarkan studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Food Science.



Berikut 6 makanan sehat yang paling banyak dipalsukan seperti dilansir dari prevention, Selasa (10/12/2013) antara lain:

1. Susu

Susu merupakan minuman sehat yang banyak sekali dipalsukan. Susu cair eceran yang biasa Anda minum dan Anda yakini berasal dari susu sapi bisa jadi dipalsukan dengan susu kerbau atau susu kambing.

Susu bubuk juga bisa dipalsukan dengan menambahkan urea dan rennet. Bahkan ada produk susu yang disebut susu palsu yang didalamnya terkandung minyak, urea, kaustik soda, gula, garam, dan susu bubuk skim yang tidak baik untuk tubuh.

2. Minyak zaitun

Akan sulit untuk menemukan minyak lain yang begitu sehat seperti minyak dari buah zaitun. Minyak zaitun dapat menurunkan kolesterol, mengeluarkan zat-zat pengganggu di perut, dan bahkan membuat kulit bersinar.

Tetapi para peneliti menemukan bahwa minyak zaitun dapat dengan mudah dipalsukan atau dicemari, biasanya dicampur atau digantikan oleh minyak kemiri.

Bahan lain yang biasanya digunakan untuk memalsukan meinyak zaitun adalah minyak jagung, minyak bunga matahari, minyak kacang, minyak sayur dan minyak kedelai.

3. Madu

Madu adalah salah satu makanan yang berfungsi sebagai penyembuhan, antioksidan dan memberikan rasa yang lezat ketika dicampur makanan.

Tapi banyak produsen yang melakukan pemalsuan produk dengan menambahkan sirup gula, sirup jagung, fruktosa dan glukosa ke dalam madu murni agar diperoleh volume madu yang lebih banyak.

4. Jus jeruk kemasan

Tambahan zat ilegal yang termasuk fungisida seperti fruktosa sirup jagung, ekstrak paprika, dan gula sering ditemukan dalam jus jeruk yang dikemas dalam kotak atau botol.

5. Kopi

Percaya atau tidak, para peneliti telah menemukan bahwa dalam beberapa kopi bubuk instan kadang terdapat bahan-bahan lain seperti perkamen tanah, pati, gandum, dan buah ara.

6. Jus apel dalam kemasan

Jus apel dalam kemasan tidak selalu murni karena banyak produsen yang tidak bertanggungjawab menambahkan fruktosa sirup jagung, kismis pemanis, sari buah ara dan asam malat.

Followers