Monday, December 23, 2013

Olahraga Tak Hanya Bikin Sehat Tapi Juga Kreatif

Reyoet, Jakarta: Sudahkah Anda berolahraga di akhir pekan ini? Kalau belum, mungkin Anda perlu mengetahui hal ini. Karena sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Human Neuroscience menunjukkan bahwa olahraga secara teratur tak hanya membuat Anda sehat tapi juga membuat Anda lebih kreatif.

Secara khusus, para peneliti mencatat bahwa olahraga teratur berkaitan dengan peningkatan berpikir divergen dan konvergen, yang dianggap sebagai dua komponen berpikir kreatif. Berpikir divergen adalah proses berpikir yang berorientasi pada alternatif jawaban yang banyak. Sementara berpikir konvergen merupakan cara pikir yang berorientasi pada satu jawaban yang baik atau benar seperti dalam menjawab soal-soal ujian. 

Untuk membuktikannya, pemimpin studi dari Leiden University di Belanda, Lorenza Colzato, menguji 48 atlet yang berolahraga empat kali seminggu dan 48 orang yang bukan atlet dan tidak rutin berolahraga untuk ikut melakukan tes kreativitas. Dan hasilnya benar-benar sesuai prediksi. Tugas yang dibuat untuk atlet bisa dikerjakan lebih baik dibanding orang yang jarang berolahraga.

Selain itu, seperti ditulis Huffington Post, Senin (23/12/2013) olahraga juga memiliki manfaat antara lain:
1. Mempertajam cara berpikir
2. Meringankan Gejala ADHD Anak
3. Membantu Pelajari Trik Baru
4. Meringankan masalah yang sedang dihadapi
5. Meringankan gejala depresi
6. Mengurangi Stres
7. Membantu Keterlambatan kehilangan memori saat tua

Seiring dengan bertambahnya usia, area otak yang disebut hippocampus menyusut. Itu sebabnya lansia sering mengalami kehilangan memori atau pikun yang merupakan gejala demensia atau Alzheimer. Untungnya olahraga meningkatkan pertumbuhan saraf baru di daerah ini.

Penelitian sebelumnya, Psychological Science juga telah membuktikan tingkat kreativitas dengan perasaan kacau seseorang. Peneliti menganggap, orang yang sedang kacau biasanya justru bisa berpikir tentang inovasi dan kemauan untuk mencoba hal-hal baru.

Begitu juga peneliti dari University of Central Lancashire yang menemukan bahwa bosan di tempat kerja juga bisa memicu kreativitas.

Followers