Monday, December 30, 2013

Pria Konsumsi Ini Agar Sperma Berkualitas

Reyoet, New Delhi: Jumlah dan kualitas sperma ditentukan juga dari asupan vitaminnya. Menurut Dokter Spesialis Kandungan, dr. Rita Bakshi yang dikutip Healthmeup, Senin (30/12/2013), asupan vitamin mempengaruhi sperma pria.

"Kurangnya vitamin dalam tubuh dapat menurunkan jumlah dan kualitas sperma, terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji juga mempengaruhi kesuburan. Mulailah menerapkan gaya hidup sehat dengan diet seimbang," katanya.

Berikut ini vitamin yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas sperma, yaitu:
1. Vitamin A
Vitamin ini membantu meningkatkan produksi sperma yang bisa didapatkan dalam paprika merah, wortel, dan bumbu kering.

2. Vitamin B
Vitamin B yang diperlukan untuk memproduksi dan mempertahankan sel-sel baru. Makanan yang mengandung vitamin B terdapat dalam produk hewani, telur, gandum sereal dan kacang-kacangan.

3. Vitamin C
Vitamin ini mengandung antioksidan penting meningkatkan kolagen, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel. Vitamin ini juga melindungi sperma dari kerusakan dan meningkatkan jumlah sperma. Makanan yang mengandung vitamn C biasanya dari buah-buahan seperti stroberi, jeruk, kiwi, dan sayuran seperti kacang polong.

4. Vitamin D
Sinar matahari merupakan sumber terbaik untuk vitamin D. Vitamin ini dibutuhkan untuk meningkatkan testosteron, membantu meningkatkan jumlah sperma dan kualitas air mani 

5. Vitamin E
Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E seperti tomat, ubi jalar, bayam, mangga, bunga matahari dan minyak zaitun meningkatkan kualitas sperma dan motilitas (pergerakan) menuju sel telur.

6. Seng
Untuk meningkatkan sperma dapat mengonsumsi kacang panggang, biji labu, domba, ayam dan tiram.

7. Folic Acid
Kurangnya asam folat seperti vitamin B pada pria dapat mempengaruhi jumlah sperma. Untuk meningkatkan sperma konsumsi sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan dan jus jeruk.

8. Selenium
Selenium dapat membantu produksi sperma yang baik, melindungi dari radikal bebas. Selenium berada dalam biji-bijian, jamur dan produk daging.

9. Kalsium
Kalsium membantu untuk pergerakan atau motilitas sperma yang baik bertemu sel telur. Kekurangan kalsium dapat mengurangi kemampuan sperma untuk menembus sel telur. Konsumsi susu dan yoghurt untuk mendapatkan kalsium

Selain memenuhi asupan vitamin, untuk meningkatkan jumlah dan kualitas sperma dibutuhkan olahraga teratur dan menjaga pola hidup sehat dengan menghindari stres.

Followers