Saturday, December 21, 2013

Segelas Jus Tomat Sehari Cegah Kanker Payudara

Reyoet, New Jersey: Kanker payudara bisa dicegah dengan asupan jus tomat. Minumlah segelas sehari karena bisa meningkatkan jumlah hormon yang bisa mencegah penyakit.

Para peneliti Amerika Serikat mengatakan, makan banyak tomat dan produk mengandung tomat banyak keuntungannya. Bahkan dalam waktu singkat.

Peneliti menambahkan, wanita bisa dengan mudah mengonsumsi sejumlah tomat. Misalnya, segelas jus tomat setiap hari berisi sejumlah lycopene, zat aktif yang diyakini memiliki efek besar.

Lycopene memberikan warna merah pada tomat dan diyakini membantu mencegah kanker prostat. Anda yang tak suka jus tomat, bisa mencoba semangkuk sup tomat, ditambah saus tomat dengan pastanya dan sesendok kecap sehari.

Para peneliti dari Rutgers University di New Jersey, mengukur kadar hormon pada 70 wanita usia 55 tahun lebih, sebelum dan sesudah konsumsi tomat selama 10 minggu.

Semua yang kelebihan berat badan atau memiliki kerabat yang memiliki kanker payudara, berisiko tinggi terkena penyakit itu. 

Seperti laporan Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, sejumlah lycopena dalam segelas jus tomat sehari meningkatkan kadar hormon adiponektin sebanyak 9 persen.

Adiponektin terlibat dalam mengatur kadar lemak dan obesitas yang bisa meningkatkan kemungkinan kanker payudara. Hormon meningkat paling banyak pada wanita kurus.

"Temuan ini menunjukkan pentingnya mencegah obesitas," kata peneliti Adana Llanos seperti dikutip Dailymail, Sabtu (21/12/2013).

Dengan mengonsumsi makanan kaya tomat, berdampak lebih besar pada tingkat hormon terutama pada wanita yang mempertahankan berat badan agar sehat.

No comments:

Post a Comment

KOMENTAR ANDA SANGAT KAMI HARAPKAN UNTUK PENGEMBANGAN BLOG INI, TERIMA KASIH

Followers