Saturday, January 18, 2014

Jatuh Cinta Buat Orang Jadi Lebih Kejam?

Reyoet, Jakarta: Siapa bilang orang yang sedang jatuh cinta selalu diliputi perasaan senang dan berbunga-bunga? Rasa cinta pun bisa membuat orang jadi pribadi yang kejam.

Menurut sebuah riset yang dibahas pada laman LiveScience, cinta juga punya sisi gelap. Dalam beberapa eksperimen, orang dengan perasaan cinta yang kuat cenderung menjelekkan dan sinis kepada sesama jenis dan lebih agresif terhadap mereka (misalnya: wanita akan lebih sinis kepada sesama wanita).

Studi dilakukan kepada 130 orang yang telah lama menjalin hubungan asmara. Partisipan yang mengaku dirinya tipe pencemburu cenderung mudah berprasangka negatif terhadap orang lain (sesama jenis) yang penampilannya lebih menarik. Bahkan ketika diminta memilih perlakuan apa yang ingin dilakukan pada orang tersebut dalam sebuah permainan komputer, mereka memilih 'hukuman' yang paling menyakitkan.

Bagaimana dengan partisipan yang tidak cemburuan? Mereka pun bisa bersikap sedikit sinis dan kejam. Dalam studi, peneliti diminta untuk membantu mengevaluasi kandidat teman kencan yang paling potensial dalam sebuah situs kencan online. Para kandidat tersebut dideskripsikan menarik, easy going, ramah, penyayang dan sifat-sifat positif lainnya. Kandidat yang menurut mereka mirip atau mengingatkan pada mantan kekasih pasangannya, dinilai tidak menarik, tidak bersahabat dan sejumlah penilaian negatif lainnya.

Dari hasil studi, para peneliti menyimpulkan bahwa cinta memiliki sejumlah fungsi; melindungi dan menjaga kelanggengan hubungan asmara di masa depan. Meskipun untuk itu mereka harus bertingkah di luar sifat kesehariannya demi menyingkirkan segala ancaman yang ada (dalam hubungan).

Contohnya, seorang wanita akan menyebut wanita yang berpenampilan menarik "jelek" jika dirasa itu akan mengancam hubungan asmaranya. Dengan harapan, kekasihnya juga akan memandang wanita cantik tersebut kurang menarik.

Penelitian tersebut dilakukan pada responden pria dan wanita. Tidak ditemukan perbedaan perilaku yang signifikan pada jenis kelamin yang berbeda. Artinya, baik pria maupun wanita bisa berperilaku lebih kejam saat jatuh cinta.

No comments:

Post a Comment

KOMENTAR ANDA SANGAT KAMI HARAPKAN UNTUK PENGEMBANGAN BLOG INI, TERIMA KASIH

Followers