Thursday, January 2, 2014

Omega 3 Hambat Efek Buruk Rokok Bagi Pembuluh Darah

Reyoet, Jakarta: Merokok diketahui bisa menimbulkan berbagai dampak fisik yang buruk bagi tubuh. Studi menunjukkan asam lemak omega 3 bisa membantu menurunkan efek buruk dari merokok bagi tubuh.

Studi yang dilakukan oleh peneliti Yunani menilai pengaruh dari 4 minggu pengobatan oral dengan konsumsi asam lemak omega 3 sebanyak 2 gram per hari terhadap dinding arteri dari perokok.



Hasil penelitian menunjukkan pengobatan jangka pendek dengan asam lemak omega 3 bisa memperbaiki kekakuan dari arteri serta meningkatkan sifat elastis dari pembuluh darah perokok.

"Temuan ini menunjukkan bahwa asam lemak omega 3 menghambat efek merugikan dari merokok pada fungsi arteri yang bisa menjadi risiko kardiovaskular," ujar dr Gerasimos Siasos dari University of Athens Medical School, seperti dikutip dari MedIndia, Kamis (2/1/2014).

Dr Siasos menuturkan dampak kardioprotektif dari asam lemak omega 3 ini merupakan sinergis antara beberapa mekanisme rumit yang melibatkan efek anti inflamasi serta anti aterosklerotik.

Selain itu AHA (Arachidonic Acid) juga direkomendasikan para ahli untuk dikonsumsi oleh orang yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung koroner, yaitu dengan cara mengonsumsi berbagai jenis ikan yang kaya omega 3 setidaknya 2 kali seminggu.

World Heart Federation sangat mendorong semua perokok untuk menghentikan kebiasaannya tersebut, namun terkadang tidak mudah melakukannya terlebih pada orang yang sudah kecanduan tinggi.

"Satu-satunya cara melindungi tubuh dari efek berbahaya rokok adalah berhenti serta ditunjang oleh pola makan sehat termasuk mengonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega 3," ujar Dr Kathryn Taubert dari Chief Science Officer di World Heart Federation.

Followers