Sunday, January 12, 2014

Sulit Tidur, Coba Konsumsi Kiwi!

Reyoet, Anda yang sulit tidur, jadikanlah kiwi sebagai camilan sehat. Kiwi ternyata bukan hanya mengandung vitamin C tetapi juga antioksidan dan kaya serat, sehingga baik untuk fungsi sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan perlindungan dan perbaikan sel.

Selain itu, menurut Psikolog Klinis dan Diplomat dari American Board of Sleep Medicine, Michael J. Breus , PhD tidak hanya bermanfaat untuk sistem tubuh, kiwi juga bagus untuk meningkatkan kualitas tidur. 

"Studi menunjuk kiwi mengandung banyak manfaat seperti serat, vitamin C, antioksidan dan kalium. Selain untuk sistem tubuh, kiwi juga baik untuk kesehatan jantung dan fungsi pernafasan. Untuk yang sulit tidur juga bagus mengonsumsi kiwi," katanya dikutip Huffingtonpost, Minggu (12/1/2014).

Para peneliti di Taiwan Taipei Medical University memelajari efek konsumsi kiwi pada tidur. Para peneliti melibatkan 22 wanita dan dua pria berusia antara 20 sampai 55 tahun yang memiliki masalah tidur. Dalam periode empat minggu para relawan mengonsumsi dua buah kiwi satu jam sebelum tidur.

Hasilnya para peneliti menemukan peningkatan signifikan, para relawan mendapatkan tidur yang berkualitas. "Mereka tertidur lebih cepat dan nyenyak, dan lebih berkualitas. Hasil ini didapat dari kuesioner yang kami berikan pada mereka setelah mengonsumsi dua kiwi sebelum tidar dalam waktu empat minggu," katanya.

Menurut Michael Hal tersebut terjadi karena kiwi memiliki tingkat oksidan dan serotonin yang tinggi. "Sifat antioksidan yang sama memberikan banyak manfaat kesehatan lainnya juga dapat membantu untuk meningkatkan tidur. Kandungan serotonin atau hormon yang berfungsi sebagai neurotransmitter ini terlibat dalam berbagai proses fisiologis," ujarnya.

Serotonin bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan dan fungsi kardiovaskular, membantu dalam belajar dan memori serta membantu untuk mengatur nafsu makan dan suasana hati.

Kekurangan serotonin juga dapat membantu meredakan depresi dan gangguan suasana hati. 

Dalam studi menunjukkan orang yang kurang tidur dikaitkan dengan penurunan kadar antioksidan dan vitamin C, karena itu menurut Michael kiwi menjadi senjata ampuh untuk yang sulit tidur. Selain kiwi makanan yang dapat membantu kualitas tidur yaitu sayuran hijau, pisang, kacang-kacangan, biji-bijian, jeruk dan tomat.

Followers