Tuesday, January 7, 2014

Teh Hitam, Tomat dan Jalan Kaki Bisa Kurangi Risiko Stroke

Reyoet, Jakarta: Dalam penelitian tentang stroke, para ilmuwan di University of California menemukan bahwa orang yang minum teh hitam tiga cangkir sehari atau lebih, 20 persen lebih kecil kemungkinannya menderita stroke dibanding orang yang tidak minum teh atau jarang.

Tak hanya itu, seperti ditulis Mirror, Selasa (7/1/2014) tomat dan rutin berjalan kaki juga bisa mengurangi risiko stroke.

Teh hitam misalnya, meskipun sama efektifnya dengan teh hijau tapi teh hitam memiliki antioksidan tinggi yang bisa melindungi kerusakan arteri yang dapat menyebabkan stroke dan serangan jantung.

Sementara tomat menurut peneliti merupakan sumber lycopene yang memiliki efek perlindungan terhadap kerusakan pembuluh darah. Dalam studi ini, peneliti menemukan bahwa pria dengan konsumsi tinggi tomat memiliki risiko 55 persen lebih rendah terkena stroke dibandingkan orang yang jarang atau tidak pernah makan tomat.

Sementara peneliti di University College London mengklaim bahwa berjalan kaki selama 90 menit sehari dapat mengurangi risiko stroke hingga sepertiganya.

Studi yang didasarkan pada 3.435 pria sehat berusia 60 sampai 80 ini menunjukkan bahwa jalan yang dimaksud bukan jalan cepat melainkan jalan santai dapat mengurangi risiko stroke.

Followers