Wednesday, January 1, 2014

Tips Atasi Stres di Tempat Kerja

Reyoet, Jakarta: Stres memang hal yang serius karena dapat menyebabkan sakit kepala, ketegangan otot, kelelahan, insomnia, kecemasan, gelisah, kurang motivasi, kurangnya fokus, depresi, kepekaan bahkan dapat mengganggu pola makan. Stres paling banyak dipicu oleh masalah pekerjaan dan lingkungan tempat kerja.

Berikut 5 langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi stres di tempat kerja seperti dikutip dari businessinsider, Rabu (1/1/2014) antara lain:

1. Buat sebuah Oasis
Ketika terlalu banyak tugas memusingkan yang harus Anda kerjakan dengan komputer, mungkin Anda dapat mematikan sejenak layar komputer dengan mode 'sleep' agar pekerjaan Anda tetap tersimpan.

Mengalihkan perhatian sejenak dari layar komputer akan baik untuk menghindarkan Anda dari stres. Hal ini akan memberikan sedikit waktu bagi mata dan otak untuk tidak tegang menghadapi tugas yang harus Anda selesaikan dengan komputer Anda.

Tetapi hal ini mungkin dapat menggangu pekerjaan Anda jika jenis pekerjaan Anda mengharuskan untuk sering mengecek email. Jika demikian, alihkan perhatian Anda sejenak dengan mengarahkan pandangan ke jauh ke luar ruangan.

2. Mengkategorikan Pekerjaan
Jika jenis pekerjaan Anda terdiri dari beberapa tugas-tugas tertentu, Anda dapat mengkategorikan setiap tugas berdasarkan tingkat kesulitannya.

Kerjakan tugas dari yang menurut Anda berat dan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam pengerjaannya lebih awal. Karena ketika masih pagi, kemampuan otak dalam berpikir dalam keadaan optimal.

Semakin siang, otak akan semakin lelah dan sulit untuk menyelesaikan hal-hal yang rumit. Simpanlah pekerjaan yang mudah di akhir, karena mendekati jam pulang kerja, Anda pasti ingin segera menyelesaikannya dan segera pulang. Tapi cara ini kurang efektif bagi pekerjaan yang menerapkan deadline bagi masing-masing tugasnya.

3. Melakukan Negosiasi Beban Kerja
Jika menurut Anda pekerjaan yang dibebankan oleh atasan Anda terlalu berat, Anda dapat melakukan negoisasi pekerjaan. Anda tidak perlu takut hal ini akan memberi efek yang buruk bagi karir Anda, asal alasan yang Anda sampaikan masuk akal dan disampaikan dengan cara yang benar.

Terkadang melakukan pekerjaan di luar kapasitas dan kapabilitas seseorang akan tidak baik untuk kesehatan mental juga kan menghasilkan hasil yang tidak memuaskan.

4. Batasi Membaca Berita
Media berita mungkin dapat memberikan hiburan tersendiri bagi Anda di sela-sela tugas kantor yang rumit. Tapi terkadang berita-berita seperti bisnis dan politik kadang menyulut emosi-emosi yang hampir seluruhnya negatif, seperti kemarahan, ketakutan, kecemasan dan frustrasi.

Jadi, setiap kali ada berita yang mulai membuat Anda kesal atau kecewa, beralihlah ke berita yang menghibur dan menyenangkan yang sifatnya lebih ringan.

5. Hindari Rekan Kerja yang Stres
Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi fisiologi Anda diprogram sebagai cermin fisiologi orang di sekitar Anda. Dengan kata lain, Anda dapat 'menangkap' stres yang dialami oleh orang lain.

Jadi meskipun tidak mungkin untuk menghindari rekan kerja yang sedang stres sepanjang hari, Anda harus mencoba membatasi kontak Anda dengannya setidaknya sampai Anda telah menaklukkan stres Anda sendiri.

Followers