Friday, January 3, 2014

Trik Memotivasi Diri Agar Mau Olahraga

Reyoet, Jakarta: Tidak semua orang bisa dengan mudah melakukan olahraga secara teratur, kadang sulit sekali untuk memulai olahraga. Tapi ada trik-trik yang bisa dilakukan untuk memotivasi diri biar mau olahraga.

Bukan hal yang mudah untuk mampu bangun dari tempat tidur dan melakukan olahraga di pagi hari secara rutin seperti jogging, yoga atau aerobik. Hal ini karena tetap di tempat tidur jauh lebih menyenangkan dibanding melakukan latihan fisik yang kadang menyiksa diri.



Salah satu kunci penting untuk memotivasi diri agar mau melakukan olahraga di pagi hari adalah fokus membuat aktivitas fisik ini tetap menarik untuk dilakukan sehingga dapat konsisten.

Berikut ini trik memotivasi diri agar mau melakukan olahraga, seperti dikutip dari Livestrong, Jumat (3/1/2014) yaitu:

1. Memiliki teman atau rekan yang pas
June Kahn yang memiliki sertifikat dari American Council on Exercise menyarankan untuk berbicara dengan keluarga atau teman untuk menjadi teman latihan. Pastikan memilih orang yang ceria dan bisa bahagia di pagi hari sehingga tidak menyerah dengan godaan tidur lagi serta tidak mudah mengeluh.

2. Menyiapkan barang-barang untuk latihan sejak malam hari
Siapkan barang yang dibutuhkan untuk olahraga pagi sejak malam hari, misalnya mengisi botol minum, mengisi tas dengan peralatan olahraga serta pakaian yang akan digunakan, sehingga hanya butuh sedikit waktu untuk siap-siap.

3. Cari objek yang bisa menjadi tujuan Anda berolahraga
Objek ini bisa berupa baju atau celana yang sangat ingin digunakan tapi sudah tidak muat, atau gambar seseorang dengan bentuk tubuh indah. Tempatkan objek ini ditempat yang menonjol di kamar tidur sehingga langsung terlihat saat bangun tidur.

4. Buat alarm dengan pesan suara yang inspiratif
Buat pesan suara yang inspiratif dan membantu Anda fokus dengan tujuan sebagai alarm. Jika memungkinkan masukkan pula kutipan inspirasional dari buku atau video sehingga membuat orang semangat untuk bangun di pagi hari.

5. Tidur malam lebih awal
Aturlah jam tidur di malam hari dengan menciptakan lingkungan kamar yang nyaman seperti meredupkan lampu, menghindari makan berat mendekati waktu tidur dan mengatur suhu kamar. Jika dapat waktu tidur yang cukup maka bisa bangun tidur dengan ceria dan gembira untuk olahraga.

6. Menghukum diri sendiri jika tidak olahraga
Konsekuensi yang diberikan harus serius dengan cara temukan sesuatu yang sangat penting dari diri Anda dan jadikan itu sebagai hukuman, misalnya membatasi belanja atau menggunakan media sosial. Terlepas dari apa hukumannya, pastikan itu adalah sesuatu yang penting sehingga Anda memiliki alasan untuk tidak melewatkan olahraga.

Followers