Sunday, June 15, 2014

Kenali 3 Penyakit Autoimun

Reyoet: Penyakit autoimun adalah suatu penyakit dimana sistem imun terlalu aktif di dalam tubuh. Sehingga, sistem imun tubuh yang seharusnya memerangi kuman, justru menyerang sel-sel normal.

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja. Beberapa riset menunjukkan jika penyakit autoimun merupakan penyakit keturunan. Namun, penyakit ini tidak bersifat menular.


Lupus
Adalah penyakit autoimun yang bisa terjadi pada siapa pun. Penyakit ini sangat berkaitan dengan pertahanan terhadap tubuh sendiri. Penyakit lupus terjadi ketika antibodi menyerang sel sehat dalam tubuh. Tak ada gejala dini yang mampu mengidentifikasi penyakit ini. Penderita dinyatakan positif setelah menjalani serangkaian pemeriksaan laboratorium.

Rheumatoid Arthritis
Rheumatoid arthritis merupakan penyakit autoimun serius yang menyerang sendi dan bagian tubuh lainnya. Sistem imun secara signifikan justru merusak bagian liningsynovium yang membungkus persendian. Kondisi ini ditandai dengan gejala, seperti nyeri sendi, pembengkakan, kemerahan dan kekakuan sendi.

Multiple Sclerosis
Umumnya, penyakit ini merusak jaringan saraf dari sistem saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang). Umumnya, kerusakan pada sistem syaraf pusat terjadi intermitten, sehingga memungkinkan penderita dapat melakukan aktivitas kehidupan normal.

Pada kejadian yang ekstrim, gejalanya tampak permanen sehingga penderita akan mengalami kebutaan, kelumpuhan, dan kematian prematur.

Followers