Sunday, June 15, 2014

Wanita Haid Tidak Akan Digigit Ular

Reyoet, Tokyo: Wanita yang tengah datang bulan atau haid tidak akan digigit maupun diserang ular lantaran mereka lebih peka terhadap keberadaan ular. Penelitian unik yang dilakukan Universitas Kyoto, Jepang, baru-baru ini, wanita yang baru saja selesai berovulasi lebih baik dalam mendeteksi ular daripada waktu lain dari siklus menstruasi mereka.



Penelitian itu melibatkan sekitar 60 wanita usia subur di tiga fase yang berbeda dari siklus mereka. Para relawan diuji pada seberapa cepat mereka melihat ular. Mereka secara bersamaan ditunjukan sembilan gambar, salah satunya adalah ular di antara bunga-bunga sementara yang lain hanya dari bunga.

Mereka yang tercepat berada di fase luteal siklus menstruasi atau tahap segera mengikuti ovulasi. Selain itu, refleks tampaknya dipengaruhi oleh kadar hormon pada tahap ketika mereka dalam tahap subur. Dengan demikian. menjadi lebih protektif terhadap janin mereka nantinya.

"Ini bisa memberikan kontribusi kemampuan perempuan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap rangsangan yang mengancam di sekitar mereka," kata Nobuo Masataka, salah seorang peneliti.

Penelitian ini memperkuat teori bahwa manusia memiliki "refleks takut" atau respon bawaan untuk sinyal ancaman seperti ular yang berpotensi beracun.

Followers