Wednesday, July 2, 2014

Alasan Makan Roti dan Nasi Saat Sahur Bikin Badan Lemas

Reyoet, Jakarta: Bagi Anda yang memilih menu pada saat sahur hanya nasi putih, roti putih, dan kopi, jangan kaget apabila sebelum jam 12 siang sudah merasa lemas.

Menurut Praktisi Kesehatan, Dr. Phaidon L Toruan, MM, itu semua disebabkan, jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi mengandung gula yang sudah mendekati angka 100 (sesuai dengan tabel glikemik)
"Kandungan seperti itu, sama saja makanan itu seperti gula pasir. 


Jadi, jangan salahkan puasanya, apabila jam 12 sudah lemas. Itu karena salah memilih jenis makanan," kata Dr. Phaidon, dalam acara 'Feel Freat and Look Great in Ramadhan Bersama Nutrishake', di Jakarta, yang ditulis Rabu (2/7/2014)

Phaidon melanjutkan, alasan mengapa makanan seperti itu membuat orang yang mengonsumsinya mudah lemas, karena gula darah dalam tubuhnya akan naik dengan cepat. 

"Gula darah cepat naik, otak pun akan menyensor dan menolaknya. Mengapa? Gula darah tinggi akan melukai dinding dalam pembulu darah," ujarnya.

Ketika gula darah naik, makan hormon insulin akan keluar. Pada saat hormon itu dikeluarkan, gula darah akan diturunin secara drastis, yang membuat orang menjadi lemas.

"Makanya itu, pilihlah makanan yang karbohidratnya relatif rendah, agar gula darah menjadi stabil. Dan nggak membuat orang menjadi lemas," tutupnya.

Followers