Tuesday, July 1, 2014

Parasetamol Bisa Kurangi Sakit Hati

Reyoet, California: Sakit hati lebih menyakitkan daripada sakit fisik. Begitulah yang biasa ditulis dalam lirik lagu Inggris. Namun, kini ditemukan bahwa parasetamol atau obat penghilang rasa sakit bisa mengurangi sakit hati. Demikian hasil penelitian Universitas California, seperti dilansir dailymail, Selasa (1/7).



Menurut ahli saraf otak, rasa sakit emosional diproses di daerah yang sama dengan rasa sakit fisik. Menurut penelitian, perasaan sakit hati dapat merespon obat penghilang rasa sakit.

Dalam penelitian selama tiga minggu di University of California, 62 orang yang sedang sakit hati diminta untuk meminum obat Tylenol--merk dagang obat analgesik berisikan parasetamol--dan obat plasebo. Hasil penelitian menunjukkan, mereka yang mengambil 1.000 miligram atau sekitar dua tablet parasetamol mengalami penurunan sakit yang signifikan dibanding menenggak plasebo.

Naomi Eisenberger, Asisten Profesor Psikologi Sosial University of California, mengatakan, temuan itu bisa dikembangkan lebih lanjut dalam menangani rasa sakit hati akibat kehilangan seseorang. "Sakit hati dan sakit fisik timpang tindih jadi satu. Keduanya berhubungan erat. Meski dirasa tidak mungkin, namun memang terbukti bahwa obat pengurang rasa sakit bisa kurangi sakit hati," ujarnya.

Followers