Sunday, May 26, 2013

Kaki Jadi Rumah Buat Ratusan Jamur

Reyoet, Maryland: Jamur bisa hinggap di seluruh tubuh wanita. Namun, tempat favorit jamur ada di daerah kaki. Ilmuwan menemukan, ada 200 jenis jamur yang berbeda-beda yang menjajah kaki manusia. Jamur-jamur itu paling senang hinggap di tumit, di bawah kuku, dan di antara jari kaki.

Menurut Jurnal Nature, peta keanekaragaman jamur di tubuh itu bisa membantu memerangi gangguan di kaki atlet.

Tim National Human Genome Research Institute di Bethesda, Maryland, mengurutkan DNA jamur yang hidup di kulit di 14 daerah tubuh yang berbeda pada 10 orang dewasa yang sehat. Sampel itu diambil dari saluran telinga, antara alis, belakang kepala, belakang telinga, tumit, kuku, antara jari kaki, lengan, punggung, pangkal paha, hidung, dada, telapak, dan lekukan siku.

Data mengungkapkan, setiap tubuh berbeda jumlah jamurnya. Tapi, jamur yang paling kompleks ada di tumit dengan sekitar 80 jenis jamur. Di kuku ada 60 jenis jamur dan 40 jenis jamur di jari kaki.

Tempat yang menarik buat jamur termasuk telapak, lengan bawah, dan siku dalam. Di setiap lokasi ada sekitar 18 sampai 23 jenis jamur.

Sebaliknya kepala dan tubuh sedikit mengandung bakteri, masing-masing hanya 2 sampai 10 jenis bakteri.

"Data dari peneliti kami memberikan kami dasar tentang individu yang normal yang kita belum ketahui sebelumnya," ujar pemimpin peneliti Dr Julia Segre seperti dikutip BBC, Minggu (26/5/2013).

"Intinya, kaki Anda penuh dengan jamur yang beranekaragam, jadi pakai sandal jepit di kamar ganti jika Anda tak ingin mencampur jamur di kaki Anda dengan jamur kaki orang lain," jelasnya.

No comments:

Post a Comment

KOMENTAR ANDA SANGAT KAMI HARAPKAN UNTUK PENGEMBANGAN BLOG INI, TERIMA KASIH

Followers