Sunday, September 1, 2013

Aroma Mulut Bisa Lebih Bau Dibanding Anus

Reyoet, Jakarta: Bila mulut tidak dirawat dengan benar, bau yang keluar dari dalam mulut lebih bau daripada anus. Mau menggunakan obat kumur merek apa saja, itu percuma.

Obat kumur pun dianalogikan oleh Bambang Nursasongko drg. SpKG(K) selaku Staf Pengajar dan Kepala Divisi Konservasi Gigi FKG-UI sebagai karbol. Bila ada tempat sampah diberikan karbol, lalu kemudian karbolnya menguap, maka yang akan kembali tercium tetap bau sampahnya.

"Tapi coba, kalau tempat sampah itu sampahnya yang dibuang dan dibersihkan maka tidak akan tercium bau sampah, kan?," kata Bambang Nursansongko, dalam acara 'Memilih Dokter Gigi yang Tepat Sesuai Jenis Kelainan Gigi', di Jakarta Dental Specialist (JADES), Melawai Timur, Jakarta Selatan, Jumat (1/9/2013)

Begitu pula pada mulut. Menurut Bambang Nursasongko, yang membuat mulut bau adalah sisa makanan. Mau memakai obat kumur jenis apa saja, kalau sisa makanan tidak dibersihkan, tetap saja akan bau.

"Yang penting, kita bersihkan giginya. Kalau ada sisa makanan ya dibuang. Obat kumur percuma," tambah dia.

Lebih lanjut Bambang memberikan analogi, terhadap bau yang terjadi di dalam mulut. Coba saja, Anda membuang makanan dari mulut, dan meletakkannya di atas meja. Tunggu selama beberapa jam maka bau yang akan tercium dari makanan tersebut.
"Tunggu 4 jam, lalu cium deh. Pasti bau," tutup Bambang.

Followers