Saturday, September 14, 2013

Cacar Air pada Wanita Hamil Muda Berisiko Bayi Cacat

Reyoet, Jakarta: Penyakit cacar air yang disebabkan virus Varicella dapat menyerang siapa saja, dari segala macam kalangan usia. Tapi, bila penyakit ini menyerang ibu hamil di usia kandungan yang sangat muda, hati-hati, itu berisiko untuk si jabang bayi di dalam perut.

"Cacar air bila mengenai wanita yang hamil muda, akan tumbuh cacat pada janinnya. Itu sangat berbahaya, dan jangan sampai terjadi," kata Konsultan Jantung Anak Rumah Sakit Hermina Bekasi, Dr. Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K), saat diwawancarai tim Health Liputan6.com, Sabtu (14/9/2013)


Piprim melanjutkan, hal seperti ini akan terjadi pada wanita yang tidak pernah mendapatkan vaksin Varicella di masa lalu. Bila wanita itu pernah mendapatkan vaksin Varicella, maka hal seperti ini tidak perlu ditakutkan.

"Kalau yang sudah pernah, akan kebal dan tidak usah khawatir akan hal ini. Karena tidak akan berisiko pada bayi yang dikandungnya," tambah dia.

Tak ada satu pun wanita hamil berharap dirinya terkena penyakit berisiko untuk kandungannya ini. Bila memang terpapar cacar air di usia kandungan yang relatif muda, dan ia tidak pernah mendapatkan vaksin kekebalan sama sekali, maka yang harus dilakukannya adalah segeralah memeriksakan diri ke dokter.

"Lebih baik diobservasi dulu. Nggak mungkin kan, diaborsi begitu saja. Dalam agama juga dilarang melakukan hal seperti itu," katanya. "Makanya, observasi diperlukan semoga hal-hal menakutkan tidak terjadi. Bayinya pun sehat selalu," tutup Piprim.

Followers