Tuesday, September 3, 2013

Ibu Hamil, Jangan Berenang Ya, Bahaya!

Reyoet, London: Para ibu hamil yang masih melakukan olahraga air seperti berenang diminta waspada, karena hal ini dapat meningkatkan risiko eksim, alergi, asma dan demam.

Para ilmuwan memperingatkan agar ibu hamil tidak melakukan olahraga air ini selama kehamilan. Paparan bahan kimia seperti klorin pada air kolam renang meningkatkan lima kali lipat alergi yang diwariskan selama 50 tahun terakhir.

Klorin dapat mengubah sistem kekebalan janin sehingga lebih peka terhadap kondisi seperti beberapa penyakit tersebut dikutip Dailymail, Selasa (3/9/2013).

Peringatan ini datang dari laporan British Journal of Dermatology terkait dengan meningginya prevalensi alergi atopik akibat air kolam renang.

"Paparan tingkat tinggi untuk senyawa organik yang mudah menguap di lingkungan domestik baik selama kehamilan ibu atau pada awal kehidupan mempengaruhi perkembangan penyakit atopik anak," ujar para ahli dari St. John Institute of Dermatology di London and the University of Manchester.

Direktur CHEM Trust, Elizabeth Salter Green menyerukan untuk melawan bahan kimia yang berlebihan." Hal ini juga diketahui bahwa janin berkembang di dalam rahim sangat rentan terhadap paparan kimia," ujarnya.

"Sederhananya, pertumbuhan di dalam rahim termasuk sistem saraf otak dan perkembangan sistem kekebalan tubuh bergantung pada paparan kimia dan hormon," tambahnya.

Bahan kimia diklorinasi volatile dalam kolam renang dapat masuk ke dalam tubuh secara mengkhawatirkan sehingga menyebabkan perubahan respons imun dan perkembangan alergi atopik.

Followers