Tuesday, September 3, 2013

Musik Pop Ubah Remaja Jadi Pecandu Alkohol

Reyoet, London: Musik ternyata tidak hanya membuat tubuh menjadi rileks, menurut para ahli lirik musik musik pop dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari remaja. 

Dalam tiga tahun terakhir para ahli meneliti dan ditemukan musik pop yang mengacu pada merek alkohol mendorong remaja menjadi pecandu alkohol dan berhubungan seks, dikutip Dailymail, Selasa (3/9/2013). 

Empat merek minuman alkohol yang kerap dipilih remaja dan digunakan pada lirik lagu musik pop yaitu Patron tequila, cognac Hennessy, vodka Grey Goose, dan wiski Jack Daniel.
Lebih dari satu dari sepuluh atau sekitar 16 persen lagu-lagu pop mencantumkan kata mabuk, minuman dan seks.

Seperti lirik pada lagu Cheers milik Rihana tertulis ‘I drink to that Oh let the Jameson sink in’, dan 'This relationship it even got me back to drinking Now this Hennessy it’s going to be the death of me’ pada lagu Kanye West.

Selain pop, Rap, hip hop dan R & B juga memungkinkan sekitar 38 persen serta 22 persen pada musik country yang dapat memengaruhi perilaku remaja.

Pakar Amerika Serikat menganalisis 720 lagu top tahun 2009, 2010 dan 2011 disebutkan 167 merek alkohol pada 46 lagu yang pernah berhasil masuk peringkat teratas billboard.
"Banyak lagu yang mengagungkan pesta alkohol dan seks," ujar Profesor Michael Siegel dari Boston University.

Mneurutnya jika penelitian ini ditemukan untuk memengaruhi perilaku minum pemuda , upaya kesehatan maka masyarakat lebih lanjut harus berfokus pada paparan pemuda untuk penggambaran alkohol dalam musik populer.

Followers