Saturday, November 16, 2013

Benarkah Ciuman ala Perancis Bikin Kanker Mulut?

Reyoet, Jakarta: Meskipun kanker mulut belum diketahui secara pasti penyebabnya, menurut British Dental Health Foundation kemungkinan kanker mulut disebabkan oleh merokok, terlalu banyak minum alkohol, pola makan yang buruk dan HPV (human papillomavirus). Dan sekarang ciuman ala Perancis?

Tapi seperti ditulis Mirror, Sabtu (16/11/2013) untuk ciuman ala Perancis atau French Kiss ini belum diteliti lebih lanjut. Namun selama 10 tahun terakhir jumlah kanker mulut bahkan melebihi kanker serviks hingga 50 persen.

"Kanker Mulut atau karsinoma sel skuamosa muncul dari lapisan dalam mulut. Penyakit ini dapat memengaruhi setiap bagian mulut termasuk bibir, lidah atau dasar mulut. Masalahnya adalah sekitar 6.500 orang yang didiagnosis setiap tahun tidak mengetahui gejalanya," kata Kepala Konsultan dan Ahli Bedah Leher di Rumah Sakit London Bridge, Jean-Pierre Jeannon.

Insiden kanker mulut ini dikatakan Jean, justru belum tentu akibat seks oral. Melainkan dapat dilalui melalui ciuman Perancis selama bertahun-tahun.

Followers