Wednesday, November 27, 2013

Kopi Bisa Turunkan Risiko Kena Diabetes

Reyoet, Beijing: Tingkat penderita diabetes di China melonjak tajam. Inilah yang membuat peneliti berjuang menemukan langkah pencegahannya. Hasilnya, kopi menjadi minuman yang bisa menurunkan risiko diabetes.

Penelitian ini dilakukan ilmuwan di Qingdao University, China, dengan menganalisa 26 penelitian tentang kopi dan diabetes tipe 2, yang melibatkan 1 juta peserta.

Peneliti menemukan, responden yang minum kopi paling banyak 30 persen lebih rendah terserang diabetes dibandingkan yang minum paling sedikit. Hasil penelitian ini diterbitkan European Journal of Nutrition pada October seperti dikutip Shanghaiist, Rabu (27/11/2013).

Penelitian tersebut mengaitkan kurangnya risiko diabetes dengan kafein yang menurunkan berat badan dan mempercepat metabolisme tubuh. Dua faktor itulah yang mengurangi seseorang mengembangkan diabetes tipe 2.

Ahli Gizi Amerika Serikat Steven Zodkoy, mengatakan belum jelas mengapa kopi mengurangi diebetes. Tapi ia menghubungkannya dengan kafein. Dan kopi hitam ternyata yang terbaik.

"Ini bukan hanya kopi yang diseduh yang bisa membantu, penelitian lain menemukan mengonsumsi kopi mentah, biji kopi yang tak digongseng menurunkan gula darah pada orang sehat, yang bisa membantunya mencegah dari diabetes," ujar Zodkoy.

Zodkoy menjelaskan, peminum kopi dalam penelitian ini juga memiliki diet yang lebih sehat yang membuatnya semakin mengurangi risiko. "Orang yang minum kopi dalam penelitian cenderung minum soda manis lebih sedikit," ujar Zodkoy.

"Minuman bergula yang manis diketahui menyebabkan kegemukan, yang terkait dengan diabetes," ujarnya.

Followers