Wednesday, December 18, 2013

Agar Haid Tidak Sakit, Lakukan Hal ini!

Reyoet: Olahraga memiliki banyak manfaat yaitu membantu mengatur tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, menjaga kondisi otot dan fleksibilitas sendi. Selain itu, berolahraga saat menstruasi dapat membantu sirkulasi darah sehingga mengurangi sakit kepala dan nyeri lainnya.

Selain olahraga, saat menstruasi menurut Konsultan Obgyn and Fertility di Nurture, New Delhi, dr. Archana Dhawan Bajaj, para wanita sebaiknya menghindari makanan cepat saji. 

"Latihan yang dapat dipilih yaitu kardio, latihan daya tahan, pilates, menari dan yoga selama 45 menit sampai satu jam. Olahraga ini dilakukan tiga kali dalam satu minggu," kata dr. Archana dikutip Healthmeup, Rabu (18/2/2013).

Archana juga mengatakan wanita yang menginginkan siklus haidnya teratur sebaiknya memerhatikan asupan kalori dan menjaga lemak dalam tubuh. "Kadar lemak perlu dijaga, para wanita saat menstruasi membutuhkan asupan kalori sebesar 20-25 persen," ujarnya.

Saat menstruasi kondisi psikologis wanita cenderung terganggu sehingga mereka mudah gelisah, lelah, berjerawat dan rentan depresi. 

"Saat menstruasi ada yang terjadi di dinding rahim dan ovarium. Dan itu menjadi faktor yang membuat wanita psikologisnya agak terganggu mudah lelah, gelisah, jerawat, dan lebih rentan depresi. Hal ini disebabkan metabolisme mereka menurun," kata dr. Archana menjelaskan.

No comments:

Post a Comment

KOMENTAR ANDA SANGAT KAMI HARAPKAN UNTUK PENGEMBANGAN BLOG INI, TERIMA KASIH

Followers