Wednesday, December 11, 2013

Alasan Bayam Baik bagi Kesehatan

Reyoet, Jakarta: Bayam adalah sayuran yang memiliki nilai gizi luar biasa. Sayuran ini memiliki segala macam zat yang dibutuhkan untuk kesehatan, mulai dari vitamin, mineral, senyawa aktif, serta asam organik. Lalu, apa lagi alasan bayam bagi kesehatan?



1. Bayam baik untuk saluran pencernaan
Bayam memiliki efek menguntungkan pada usus. Sayuran ini kaya akan serat. Jika Anda memasukkan bayam dalam diet Anda secara teratur, Anda akan menjaga saluran pencernaan Anda.

2. Bayam menetralisir efek sodium
Makan bayam secara teratur membantu menstabilkan tekanan darah. Hal ini karena sayuran tersebut banyak mengandung kalium yang menetralisir dampak buruk dari natrium pada tubuh.

3. Bayam bermanfaat untuk sistem kardiovaskular
Beberapa komponen dari protein bayam memperlambat konversi peptida angiotensin I menjadi angiotensin II. Proses ini membuat pembuluh darah sempit dan tekanan darah meningkat. Selain itu, bayam juga mengandung lutein yang mencegah pembentukan plak kolesterol dan mengurangi risiko aterosklerosis pembuluh, faktor utama hipertensi.

4. Bayam menjaga tulang sehat dan mencegah perdarahan
Bayam juga mengandung vitamin K yang bertanggung jawab untuk pembekuan darah. Selain itu, bayam juga memiliki mineral lain, seperti fosfor, tembaga, seng, mangan, serta magnesium untuk menjaga tulang kita kuat dan sehat selama mungkin, membantu tubuh mempertahankan kalsium. Bahkan, mengonsumsi bayam dengan teratur mencegah dari osteoporosis.

5. Bayam memiliki antioksidan
Flavonoid yang ada dalam bayam adalah pencegahan yang baik dari penuaan dini dan risiko kanker. Senyawa ini mengurangi efek radikal bebas pada tubuh yang merusak kehidupan sel dan menyebabkan perkembangan tumor ganas.

6. Makan bayam memperkuat kekebalan tubuh
Kehadiran vitamin A, C, E, D dan B dalam bayam membuat sayuran ini ideal untuk sistem kekebalan tubuh. Vitamin tersebut adalah garis pertahanan pertama yang membantu menjaga sel-sel kekebalan tubuh. Vitamin itu akan memberitahu tubuh terhadap ancaman infeksi.

7. Bayam, makanan terbaik untuk diet
Bayam memiliki banyak nutrisi dan rendah kalori. Para pecinta bayam mungkin tidak perlu khawatir akan menjadi gemuk karena mengkonsumsi sayuran ini. Bayam merupakan makanan terbaik untuk diet.

Followers