Tuesday, December 24, 2013

Anak ASI Jadi Top di Kelasnya di Usia 5 Tahun

Reyoet, London: Air Susu Ibu (ASI) banyak manfaatnya buat anak. Salah satunya bagi pendidikan anak. Sang anak menjadi lebih hebat dalam pendidikannya di usia lima tahun.

Menurut sebuah penelitian, anak-anak yang diberi ASI akan menunjukkan perkembangan akademik yang lebih baik ketika berusia 5 tahun dibanding teman sekelasnya yang diberi susu formula. Peneliti melihat penilaian dari guru di akhir tahun pertama. Dan hasilnya, anak-anak yang disusui lebih lama memiliki prestasi tertinggi secara keseluruhan.

Tim peneliti di National Perinatal Epidemiology Unit di University of Oxford menjelaskan, penelitian ini membuktikan menyusui anak lebih lama bisa meningkatkan prestasi anak di sekolah dasar.

Menyusui dikaitkan dengan prestasi yang lebih baik di semua bidang, tapi keuntungan terkuat dalam komunikasi, bahasa dan tulisan, pengetahuan, dan pemahaman tentang dunia serta perkembagan fisik.

Anak-anak yang diberi ASI cenderung mendapatkan skor yang tinggi untuk individu, sosial, dan perkembangan emosional, pemecahan masalah, penalaran, dan berhutung serta perkembangan kreativitas.

Hasil penelitian ini juga mempertimbangkan faktor seperti tingkat pendidikan ibu, status sosial ekonomi, dan pola pengasuhan anak.

Seperti dikutip Dailymail, Selasa (24/12/2013), peneliti mengatakan, asam lemak esensial di ASI membantu perkembangan kognitif, sedangkan bayi yang tak mendapatkan ASI lebih rentan terhadap infeksi yang memperlambat perkembangannya.

Penelitian tersebut dipublikasikan dalam jurnal Maternal and Child Nutrition, yang melibatkan 5.489 anak di inggris.

"Semakin lama anak-anak diberikan ASI, semakin besar kemungkinan mereka mencapai tingkat prestasi pendidikan yang baik di usia lima tahun, yang merupakan prediktor penting dari kehidupan akademis nantinya dan pekerjaan," begitu isi laporan penelitian.

Followers